SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). (ANtara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, BOYOLALI — Arus pemudik yang memanfaatkan jalur Tol Solo-Jogja melalui pintu masuk Ngasem Karanganyar hingga Sawit Kabupaten Boyolali hingga Kamis atau H-2 Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 terpantau meningkat, namun padat dan lancar.

Dari hasil pantauan di pintu masuk Tol Solo-Jogja simpang Ngasem Karanganyar, hingga pukul 13.00 WIB, baik kendaraan yang keluar dari pintu Tol Colomadu maupun jalan nasional non-tol menuju tol fungsional terlihat cukup padat tetapi lancar.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Humas Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Pengelola Tol Solo-Jogja, Rachmat Jesiman P mengatakan jumlah kendaraan atau pemudik baik dari arah barat (Jakarta) maupun timur (Surabaya) yang keluar Tol Colomadu Karanganyar pada H-2 Lebaran 2023 mengalami peningkatan dan rata-rata jumlah kendaraan melintas sekitar 225 unit per jam.

“Sejak dibuka hari pertama Tol Fungsional Solo-Jogja hingga hari ke-5 atau Rabu (19/4), kendaraan yang melintas terus mengalami peningkatan. Pada hari ke-empat ada sebanyak 2.243 kendaraan melintas dan hari kelima meningkat 3.568 kendaraan dengan waktu buka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB,” kata dia, mengutip Antara.

Bahkan jumlah kendaraan atau pemudik yang melintas di tol yang baru berjalan 6 km dari Ngasem Karanganyar hingga Sawit Boyolali itu hingga pukul 10.00 WIB sudah mencapai 1.266 kendaraan. 

Ada kemungkinan jumlah kendaraan pemudik hingga pukul 17.00 WIB meningkat dibanding hari sebelumnya.

Pemudik yang melintas tol tersebut diimbau berhati-hati dengan kecamatan maksimal 25 km/jam dan di sejumlah titik ada petugas yang mengatur jalur lalu lintas hingga pemudik keluar dari tol.

Pengoperasian Tol Solo-Jogja tanpa tarif tersebut, kata dia, bertujuan untuk mendukung pelayanan dan arus balik Lebaran 2023. 

Akses masuk jalur fungsional Tol Solo-Jogja berjarak sekitar 700 meter dari Gerbang Tol Colomadu.

Pada periode arus mudik, jika sebelumnya pengguna jalan yang menuju arah Jogja harus belok kiri menuju jalan nasional Solo-Semarang ke arah Tugu Kartasura, kali ini, bisa lurus untuk masuk ke jalur Tol Solo-Jogja melalui flyover Ngasem di STA 0+600.

Pengguna jalan selanjutnya, kata dia, akan melewati jalur fungsional sepanjang 6 km dengan waktu tempuh 3-8 menit dan keluar di Sawit untuk menempuh perjalanan sepanjang 800 meter dan masuk kembali ke jalan nasional Solo-Jogja.

 

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya