SOLOPOS.COM - Aksi panggung Coldplay. (Instagram @coldplay)

Solopos.com, JAKARTA – Menjelang penyelenggaraan konser band ternama asal Inggris, Coldplay, pada Rabu (15/11/2023), hotel di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, disebut telah terisi penuh.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut hotel di sekitar lokasi konser yang sudah terisi penuh utamanya merupakan hotel berbintang. Adapun, untuk hotel nonbintang di kawasan Blok M, Jakarta, masih terus dipantau.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Kalau hotel di sekitar sini [sekitar GBK] sudah full semua, 100%,” kata Sandi kepada awak media di Kompleks Parlemen, Selasa (14/11/2023). Menurutnya, kehadiran Chris Martin cs di Indonesia dapat membantu Kemenparekraf untuk mencapai target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebesar 1,2-1,4 miliar pada 2023 dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di atas 8,5 juta.

Untuk jumlah kunjungan wisman telah melampaui target. Meski belum bisa mengungkapkan berapa besar dampaknya terhadap perekonomian Indonesia, konser band asal Inggris ini diperkirakan dapat menggerakan ekonomi nasional.

Direktur Celios Bhima Yudhistira sebelumnya memproyeksikan, perputaran uang dari konser Coldplay di Indonesia mencapai Rp130 miliar. Perputaran uang tersebut didapat dari tiket konser. “Satu saja konser taraf internasional, maka perputaran uang hanya dari tiket mencapai Rp130 miliar. Ini kan besar sekali,” kata Bhima kepada Bisnis, pada Oktober 2023.

Menurutnya, jika dalam setahun ada 10 konser internasional setara Coldplay digelar di Indonesia, maka perputaran uang hanya dari tiket konser dapat mencapai Rp1,3 triliun. Angka tersebut belum termasuk dampak tidak langsung lainnya. Di sisi lain, adanya konser tersebut juga dinilai dapat menggerakan berbagai sektor ekonomi, mulai dari meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE), jasa event organizer, periklanan, ticketing, transportasi, telekomunikasi, industri makanan minuman hingga UMKM di sekitar lokasi konser.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul H-1 Konser Coldplay, Menparekraf Sebut Hotel di Sekitar GBK Full Booked.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya