SOLOPOS.COM - Pintu keluar ke Kateguhan, Boyolali, di jalan tol Solo-Jogja yang difungsionalkan saat arus mudik Lebaran 2023. Kamis (13/4/2023).(Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) dan Jasa Marga menyebut Jalan Tol Solo-Jogja seksi satu siap difungsikan saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Periode pembukaannya yakni mulai Sabtu (15/4/2023) hingga Senin (1/5/2023).

Direktur Utama PT JMM, Suchandra Hutabarat dalam konferensi pers dan site visit di Kartasura Kamis (13/4/2023), memastikan jalan sepanjang enam kilometer tersebut bakal digratiskan pada periode arus Mudik dan Balik Lebaran 2023.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Di jalan tol ini akan kami gratiskan selama arus mudik dan arus balik. Dengan panjang enam kilometer, nanti dari jalan tol akan terhubung ke jalan arteri nasional yang ada di Sawit,” jelas Suchandra.

Tol diprediksi mampu mempersingkat perjalanan misalnya dari Kartasura ke Kateguhan nantinya hanya bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.

“Kalau perjalanan lancar, jarak tempuh dari Kartasura hingga Kateguhan nanti hanya 15 menit dengan kecepatan 40 km/jam. Yang boleh lewat hanya mobil pribadi golongan satu, jadi bus enggak bisa masuk, nanti akan kami pasang palang di depan pintu masuk jalan tol,” jelas Direktur Utama PT JMM, Suchandra Hutabarat dalam konferensi pers dan site visit di Kartasura Kamis (13/4/2023).

Jalan tol hanya bisa digunakan untuk kendaraan golongan satu dengan tinggi maksimal 2,1 meter.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha at PT Jasa Marga, M. Agus Setiawan, menyebut pihaknya juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kepolisian untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik.

“Kami memfungsionalkan jalan tol ini berkoordinasi dengan Pemda dan Kepolisian setempat, jadi untuk keamanan jalan tol ini kami bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait. Kami juga mengoperasikannya di waktu tertentu juga untuk menjamin keamanan saat mudik,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya