SOLOPOS.COM - Kereta cepat Jakarta-Bandung. (kcic.co.id)

Solopos.com, SUMEDANG – Pemerintah akan menggratiskan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dari tanggal beroperasi pada 18 Agustus 2023. Berikut adalah informasi terkait rute perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa tiket gratis tersebut akan diberlakukan mulai Agustus hingga Oktober 2023. Namun demikian, tiket gratis tersebut kata dia akan didahulukan untuk warga yang tinggal di daerah yang berada di sekitar jalur rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Dilansir dari laman resmi KCIC, Sabtu (24/6/2023), Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan generasi terbaru CR400AF. Adapun rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung sejauh 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki  empat stasiun pemberhentian yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar dengan satu depo yang berlokasi di Tegalluar. Setiap stasiun akan terintegrasi dengan moda transportasi massal di setiap wilayah.

Dari total panjang rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung, lebih dari 80 km di antaranya memiliki struktur elevated sedangkan sisanya berupa 13 tunnel dan subgrade. Beberapa fasilitas sementara seperti batching plant dan casting yard dibangun di beberapa titik kritis untuk mendukung percepatan proses pembangunan.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah bakal menggratiskan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung selama tiga bulan dengan syarat tertentu.  “Dari 18 Agustus hingga Oktober gratis, didahulukan untuk warga yang ada di jalur kereta cepat ini. Nanti akan diatur keadilan mendapatkan tiketnya seperti apa,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada wartawan di Sumedang, Jumat (23/6/2023).

Pada kesempatan sebelumnya, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa untuk bisa mendapatkan tiket gratis tersebut, warga harus mendaftarkan diri secara online. Kuota tiket gratis ditetapkan hanya untuk 600 orang mengingat kapasitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan rute sejauh 142,3 km itu terbatas.

“Siapa yang ingin mencoba tidak bayar, orang desa, anak kecil, semua mau piknik asal istilahnya bisa ticket war untuk mencoba KCJB,” tuturnya. Dia mengatakan, penggratisan tiket KCJB selama 90 hari ini juga merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo agar masyarakat dapat menikmati dan merasakan manfaat langsung dari kehadiran KCJB.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ridwan Kamil: Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis, Nih Syaratnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya