SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) berfoto bersama dengan Sekretaris Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Arif Rahman Hakim (kiri) dan pelaku UMKM (tengah) dalam perayaan Hari UMKM Nasional 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, pada Kamis (10/8/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengunjungi beberapa booth usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam perayaan Hari UMKM Nasional 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (10/8/2023).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Gibran hadir sesuai pembukaan acara tersebut selesai.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Sebelumnya pembukaan Hari UMKM Nasional 2023 dibuka oleh Sekretaris Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Arif Rahman Hakim, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, serta Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo.

Setelah menghadiri Hari Veteran Nasional di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Gibran tiba di Pura Mangkunegaran Solo sekitar pukul 13.00 WIB.

Didampingi oleh pihak Kemenkop, Gibran mengunjungi satu per satu tenant. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut melayani beberapa orang yang ingin berswafoto.

Ditemui awak media di sela-sela kunjungan, Gibran menyebut produk UMKM yang dihadirkan berkualitas.

“Kebetulan saya baru sampai, belum mendatangi semua booth. Harapannya nanti malam sampai Hari Minggu ramai ya. Saya kira, tadi saya lihat produknya bagus-bagus. Packaging-nya juga bagus-bagus juga,” terang Gibran singkat.

Sebelumnya, Arif menguraikan acara perayaan Hari UMKM Nasional 2023 dimulai dengan gelaran expo atau pameran UMKM nasional. Perayaan ini, lanjut Arif, menjadi penting yang berguna peningkatan keunggulan dan daya saing pelaku UMKM

Ia menjelaskan UMKM telah terbukti menopamg perekonomian Indonesia. Perayaan ini digelar dam rangka memberikan upaya perlindungan, kemudahan, dan pemberdayaan bagi para pelaku UMKM.

Arif juga berterima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang mampu bersinergi dan menginisiasi perayaan tersebut.

“Sesuai dengan yang kita pahami bersama, pelaku UMKM ini jumlahnya 99,99% dari semua pelaku usaha di Indonesia. Untuk pelaku UMKM ini jumlahnya 64,2 juta orang dan juga menyumbang 97% terhadap total tenaga kerja yang ada di Indonesia,” terang Arif.

Kemenkop UKM berharap untuk terus mewujudkan UMKM yang adaptif terhadap teknologi dan leboh inovatif. Serta membuka lapangan pekerjaan.

Arif juga menyebut Kota Solo yang menjadi tempat perayaan Hari UMKM Nasional 2023 merupakan kota dengan pusat ekosistem digital.  Selain itu, Kota Solo juga didukung dengan keberagaam budaya yang kaya dengan semangat kolaboratif yang tinggi.

Arif memuji Kota Solo yang telah berhasil menciptakan ekosistem keren melalui kolaborasi aktif antara UMKM, pemerintah, komunitas, lembaga pendidikan. Misalnya Solo Techno Park dan Lokananta Record.

Sehingga sejalan dengan tema yang diusung dalam perayaan tersebut. Perayaan Hari UMKM Nasional 2023 dimeriahkan oleh beragam expo atau pameran UMKM unggulan dengan beragam jenis produk.

Hal ini dinilai dapat memberikan peningkatan skala usaha dan membangun semangat bangga menggunakan produk lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya