SOLOPOS.COM - PLN bersama stakeholders dan relawan dari berbagai instansi bergerak bersama dalam Gerakan Bersih Anak Sungai dan Tebar Benih Ikan di Rawa Pening atau Gerak Bening pada Sabtu (10/6/2023). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PLN bersama stakeholders dan relawan dari berbagai instansi bergerak bersama dalam Gerakan Bersih Anak Sungai dan Tebar Benih Ikan di Rawa Pening atau Gerak Bening, Sabtu (10/6/2023).

Gerakan ini berisikan serangkaian kegiatan bersih sampah sungai, penanaman pohon, penebaran bibit ikan endemik, dan pembagian tempat sampah.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Kegiatan yang dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia ini, digagas PLN bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang, dan Forum Komunikasi Relawan Lintas Komunitas (Forkom Relinko) Masyarakat Peduli Lingkungan Kabupaten Semarang.

Tercatat sebanyak 400 lebih relawan dari berbagai instansi, lembaga nirlaba, serta organisasi masyarakat turun langsung dalam aksi Gerak Bening.

Pada kegiatan ini dibagikan benih ikan sebanyak 10.000 ekor, pohon buah 685 batang, tong sampah 60 buah dan Vertical Eescue 1 Set untuk keberlangsungan ekosistem di Rawa Pening, Ambarawa, Semarang.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta (DIY) M. Soffin Hadi, menyampaikan komitmen PLN dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

“PLN senantiasa berkomitmen kuat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup seperti acara hari ini, agenda besarnya yaitu pencapaian net zero emission. Acara hari ini sendiri merupakan langkah kolaboratif kami bersama stakeholders Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten Semarang,” tuturnya.

Soffin menjelaskan selain bersih-bersih Rawa Pening, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penanaman bibit pohon buah produktif, rumput vetiver, serta penebaran bibit ikan endemik Rawa Pening untuk peningkatan populasinya.

“Selain bibit buah juga kita tanam rumput vetiver yang sangat bermanfaat menyerap karbondioksida, pakan ternak, mengusir hama dan masih banyak kegunaannya. Ikan yang kami sebar pun ikan endemik dan bukan ikan invasif, seperti ikan tawes, melem, tombro, grass carp, dan yang terkenal rasa lezatnya tentunya ikan wader. Semoga kedepan bisa lebih menggerakkan roda ekonomi warga sekitar,” imbuhnya.

PLN bersama stakeholders dan relawan dari berbagai instansi dalam Gerakan Bersih Anak Sungai dan Tebar Benih Ikan di Rawa Pening atau Gerak Bening pada Sabtu (10/6/2023). (Istimewa)
PLN bersama stakeholders dan relawan dari berbagai instansi dalam Gerakan Bersih Anak Sungai dan Tebar Benih Ikan di Rawa Pening atau Gerak Bening pada Sabtu (10/6/2023). (Istimewa)

Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha turut menyampaikan apresiasinya kepada PLN, dan semua relawan yang melakukan kegiatan tersebut.

“Agenda ini rutin dilaksanakan tiap tahun, terima kasih atas kepedulian dan partisipasi PLN dan semua pihak dalam acara kali ini,” ucap Ngesti Nugraha yang ikut kegiatan bersama jajarannya.

Dia berharap langkah baik ini tidak hanya dilaksanakan saat ini, namun terus digerakkan dan digaungkan warga sekitar Rawa Pening. Sehingga kebersihan dan keasrian Rawa Pening dan ekosistem nya tetap terjaga.

Senada dengan Ngesti Nugroho, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Gubernur Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko menambahkan acara ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada Senin (5/6).

“Hari ini kita bersih-bersih sungai yang alirannya masuk ke Rawa Pening, mudah-mudahan nanti masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat,” ujar Sujarwanto, yang dalam kegiatan tersebut didampingi oleh Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Salatiga, Nurhidayanto Nugroho.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya