SOLOPOS.COM - Gerai Transmart Pabelan Sukoharjo saat dikunjungi Solopos.com, Jumat (3/2/2023) siang. (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Vice President Corporate Communications Transmart, Satria Hamid, mengungkapkan gerai Transmart di Solo tetap buka seperti biasa untuk menyediakan warga Solo produk-produk mereka.

Hal itu disampaikan saat berbincang dengan Espos mengenai kabar penutupan 39 gerai Transmart di Indonesia secara permanen.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Gerai-gerai di Solo akan buka seperti biasa, kondisinya sejak dibuka terus bertumbuh dan banyak pelanggan meminta agar tidak ditutup,” kata Satria kepada Solopos.com, Jumat (3/2/2023).

Salah satu yang mereka terapkan yakni mengembangkan strategi bisnis di tengah ekonomi digital.

“Kami mengembangkan marketplace bernama AlloFresh bersama BukaLapak. Toko-toko atau gerai fisik kami menjadi titik hub atau sumber produk, sedangkan untuk kurir kami menggandeng Grab dalam lini bisnis digital ini,” jelas Satria.

Mereka juga rajin menggeber dikson dengan menggandeng sejumlah bank.

Pantauan Solopos.com, Jumat, banyak produk yang dijajakan Transmart mendapatkan potongan harga jika membayar dengan kartu debit Allo Bank.

“Sebelumnya kerja sama dengan Bank Mega, Bank Mega Syariah, sekarang Allo Bank. Bagi pengguna Allo Bank baru juga mendapatkan diskon khusus untuk produk-produk Transmart,” ujar Satria.

Satria mengatakan Transmart saat ini juga tengah mem-branding perusahaan menjadi trendsetter produk ramah lingkungan, hemat energi, dan back to basic.

Produk-produk ini nantinya diproduksi massal agar lebih terjangkau oleh masyarakat.

Sementara itu, salah satu ciri khas sekaligus andalan Transmart Pabelan yakni pusat belanja yang gabung dengan area bermain anak dan lokasi nonton film yakni CGV.

Keunggulan itu diakui salah satu pengunjung Transmart Pabelan, Muhammad Labib. Labib mengunjungi gerai Transmart karena adanya bioskop CGV.

“Saya jarang belanja di sini, seringnya nonton film. Menurut saya keunggulan Transmart karena ada CGV di sini,” ujar Labib saat ditemui Solopos.com, Jumat (3/2/2023).

Terukur

Satria mengatakan penutupan gerai-gerai Transmart adalah hal yang terukur oleh timnya.

“Dalam bisnis retail, toko tutup tentunya sudah biasa terlebih di masa pandemi banyak yang sudah tutup terlebih dahulu. Bisa dikatakan Transmart adalah gerbong terakhir dalam usaha ini, jadi gerai tutup hanyalah cara menyelamatkan dan menyehatkan usaha kami, atau dengan kata lain efisiensi,” imbuh Satria.

Lebih lanjut, Satria mengatakan prinsip managemen saat ini adalah konsolidasi pihak internal selama trimester pertama tahun 2023.

“Konsolidasi bisa saja menghasilkan keputusan terkait menambah jumlah toko, termasuk Solo, karena kondisi penjualan di Solo terus bertumbuh dan permintaan terus meningkat,” kata dia.

Strategi selanjutnya disampaikan Satria adalah kerja sama antar grup CT Corporation yang juga sudah berlaku di gerai Transmart Pabelan,  Jl. A. Yani No. 234, Banaran, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Transmart memiliki 2 gerai di Soloraya, antara lain gerai fisik di Pabelan, Sukoharjo, dan gerai di Solo Paragon Lifestyle Mall. Transmart di Solo Paragon Lifestyle Mall juga masih buka sampai hari ini.

Sebelumnya diberitakan Bisnis.com, jumlah hypermarket milik Chairul Tanjung berguguran di Indonesia.

Sepanjang 2021-2023, ada sekitar 39 gerai Transmart yang tutup secara permanen. Vice President Corporate Communication Transmart, Satria Hamid, mengatakan jumlah Transmart yang masih beroperasi di seluruh Indonesia hingga saat ini mencapai 95 gerai.

“Ada sekitar 95 toko di seluruh Indonesia. Kita masih buka,” kata Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid kepada Bisnis, Selasa (31/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya