SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisata alam Raja Ampat. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Focus Group Discussion (FGD) 3 Modul Online Bidang MICE di Hotel Artotel Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023).

Melalui modul online yang dihasilkan diharapkan bisa menyiapkansumber daya manusia (SDM) yang qualified dan berdaya saing di masa mendatang. FGD 3 Modul Online diikuti puluhan peserta dari berbagai unsur seperti asosiasi, akademisi, industri, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), dan SMK Vokasi.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Sebelum memulai FGD, para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berdoa. Setelah itu, acara dibuka Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Martini. Dalam sambutannya, Martini mengapresiasi FGD tersebut.

Di samping itu, keberadaan modul online diharapkan bisa dioptimalkan ke depan. Setelah dibuka secara singkat, acara langsung dilanjutkan dengab pembahasan penyusunan modul online oleh seluruh stakeholder. Masing- masing perwakilan peserta memberikan saran dan masukan yang membangun terhadap draf modul online yang sudah disusun tim perumus.

Dalam modul online yang dibahas terdapat lima bidang, masing-masing meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE), hotel, spa, tour guide, travel agent & tour operation.

Direktur Standardisasi Kompetensi Kemenparekraf, Titik Lestari, mengatakan tujuan utama dari penyusunan modul online kali ini untuk menyiapkan SDM yang qualified dan berdaya saing di masa mendatang.

“Sehingga kalau ada event-event di Indonesia, ada turis-turis asing, kita tak perlu lagi mendatangkan SDM dari luar negeri,” katanya dalam keterangan tertulis.

Dalam penjelasannya, selain penyusunan modul online, Kemenparekraf juga telah menyiapkan sertifikasi kompetensi SDM yang hingga sekarang sudah terpenuhi 52.000 orang.

“Besok akan kami lakukan evaluasi [sertifikasi kompetensi ditujukan memenuhi kebutuhan industri dan dunia usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif],” katanya.

Seusai pembahasan penyusunan modul online dilanjutkan dengan penetapan hasil kesepakatan rancangan modul online dari masing-masing bidang, termasuk MICE. Berikutnya dilakukan penandatangan berita acara dan penutupan penyusunan modul online di tiap bidang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya