SOLOPOS.COM - Sambutan Dirut PT Macanan Jaya Cemerlang Andika Tri Anggono Yakti dalam seremonial pengiriman langsung paket bahan ajar cetak UT, Kamis (27/7/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, KLATEN — Percetakan PT Macanan Jaya Cemerlang di Klaten bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan Universitas Terbuka (UT) mengirimkan 92.977 eksemplar bahan ajar cetak (BAC) ke daerah Sumatera untuk Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) tahun ajaran 2023/2024.

Pengiriman ini dilakukan pada, Kamis (27/7/2023).

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Direktur Utama PT Macanan Jaya Cemerlang, Andika Tri Anggono Yakti, berterima kasih kepada UT atas kepercayaannya menjadikan PT Macanan Jaya Cemerlang sebagai vendor pengadaan bahan acar cetak universitas tersebut selama tiga tahun sejak 2020.

Dia menambahkan, perusahaannya mendapatkan program tersebut dari lelang terbuka yang disediakan oleh pihak UT.

Menurutnya, keberhasilan PT Macanan Jaya Cemerlang memenuhi kebutuhan bahan ajar cetak UT yakni karena mereka mampu beradaptasi dengan kebutuhan setiap pelanggan dan menyediakan bahan baku yang terbaik.

“Selain itu kami juga didukung oleh mesin-mesin yang handal mulai dari proses cetak hingga pasca cetak sehingga mampu memenuhi kebutuhan dari pelanggan. Kami juga menambahkan kamera pengawas di mesin sehingga nantinya mampu untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang ada,” ujar Andika dalam sambutan acara seremonial pengiriman bahan ajar cetak UT, Kamis (27/7/2023).

Andika menyebut, proses cetak hingga pembuatan buku bahan ajar cetak UT telah mencapai 428.991 eksemplar yang sudah selesai pada Sabtu (8/7/2023) lalu. Selanjutnya, pengecekan kualitas dilakukan oleh tim UT.

Pihak PT Macanan Jaya Cemerlang kemudian melakukan proses pengkardusan atau memasukkan bahan ajar cetak tersebut ke dalam kardus yang selesai pada Selasa (18/7/2023) lalu.

Andika menjelaskan dalam proses tersebut juga dilakukan cek komposisi buku atau pengaturan terhadap keamanan buku maupun pengemasannya.

Dia menyebut akan dilakukan tujuh pengiriman bahan ajar cetak ke seluruh penjuru Indonesia. Solopos.com datang pada pengiriman yang ketiga, sementara pengiriman pertama adalah pada Minggu (23/7/2023) dengan tujuan kampus UT pusat dan UT luar negeri 835 eksemplar.

Selanjutnya pengiriman kedua dilakukan Senin (24/7/2023) sebanyak 69.855 eksemplar ke Daerah Indonesia Timur. Pengiriman keempat rencananya akan dilakukan pada Senin (31/7/2023) sebanyak 75.058 eksemplar. Seluruh pengiriman diprediksi selesai pada Senin (7/8/2023) mendatang.

Executive Vice President PT Pos Indonesia Regional V membawahi Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT, Dino Ariyadi, mengatakan keberadaan lebih dari 4.000 outlet PT Pos Indonesia di seluruh Indonesia dapat dimanfaatkan menjadi stop point mahasiswa UT untuk mengakses bahan ajar cetaknya.

“Teknologi yang saat ini sedang ada dan kecepatan ketersediaan materi pembelajaran menjadi penting bagi mahasiswa dan mereka juga bisa memanfaatkan ketersediaan outlet-outlet yang dimiliki PT Pos Indonesia lewat sistem manajemen pemesanan bahan ajar via website atau aplikasi, kami kemudian menghubungkan antara sistem pemesanan bahan ajar yang dimilik UT dengan percetakan, lalu kami menjadi penghubungnya,” papar Dino dalam sambutannya.

Menurutnya, cara tersebut dapat mempercepat proses mahasiswa UT mendapatkan bahan ajar cetaknya hanya dalam waktu satu atau dua hari saja.

Dino juga berpendapat bahan ajar cetak masih diperlukan walaupun sudah memasuki era digital karena bahan ajar cetak lebih mudah diterima hampir seluruh mahasiswa UT dengan beraneka ragam kondisi.

Dia juga memastikan pengiriman bahan ajar cetak dan logistik lainnya akan tetap aman menggunakan PT Pos Indonesia.

“Saya suka bercanda dengan beberapa orang, selama empek-empek Palembang belum bisa dikirim dengan email dan duren Ucok belum bisa dikirim dengan WhatsApp, PT Pos Indonesia masih diperlukan,” ujarnya dengan tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya