SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas 55,44 kilowatt peak (kWp) di salah satu gedung PLN Unit Induk Distribusi Bali.

Solopos.com, JAKARTA – PLN mendukung penuh keterlibatan industri dan berbagai pihak untuk bisa meningkatkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Terkait hal tersebut, PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PLN Icon Plus menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Joint Operation penyediaan layanan pembangkit listrik tenaga surya/photovoltaic (PV) pada rooftop bersama 10 perusahaan mitra dalam event The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (12/7/2023). Melalui kerja sama ini, PLN Group akan melayani penggunaan PLTS Atap dengan total kapasitas 187 megawatt peak (MWp).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Adapun kesepuluh mitra tersebut meliputi PT Masdar Mitra Solar Radiance, PT Energia Prima Nusantara, PT Tripower Solar Nusantara, PT Surya Utama Nuansa, PT Xurya Daya Indonesia, PT Prima Perkasa Teknik Indonesia, PT Surya Energi Indotama, PT Investasi Hijau Selaras, PT ATW Solar Residential, dan PT Agra Surya Energi.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan PLN mendukung penuh keterlibatan industri dan berbagai pihak untuk bisa meningkatkan bauran EBT di Indonesia. Apalagi, Indonesia memiliki potensi energi surya yang besar sehingga pemanfaatannya bisa dimaksimalkan.

“Kerja sama ini menjadi bukti PLN mendukung penuh rencana pemerintah dalam meningkatkan bauran EBT, salah satunya lewat PLTS Atap,” ujar Darmawan, dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Senin (17/7/2023).

Di sisi lain, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, juga menekankan sebagai subholding PLN di bisnis Beyond KwH, PLN Icon Plus mengembangkan bisnis di luar bisnis kelistrikan. Lewat kerja sama ini maka menegaskan komitmen PLN Icon Plus dalam memperluas cakupan layanan PLTS Atap di Tanah Air.

“PLN Icon Plus sebagai subholding Beyond kWh dari PLN, menyambut positif kerja sama kemitraan ini. Hal ini tentu saja menambah semangat bagi kami untuk turut serta mendukung program PLN dan Pemerintah menghadirkan solusi energi terbarukan yang inovatif dan andal kepada masyarakat dan juga dunia bisnis di Indonesia,” ujar Ari.

Dirinya juga menjelaskan potensi energi surya yang berlimpah harus dapat dimanfaatkan dan dikelola secara optimal dan kolaboratif sehingga dapat menjadi value creation dalam pengelolaan energi, khususnya energi surya.

“Tentunya, kami akan selalu membuka pintu untuk semua pihak untuk dapat melayani pasar PLTS Atap di seluruh Indonesia,” tegas Ari.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah, PLN group berkomitmen untuk mendorong tumbuhnya industri PLTS Atap di Indonesia dan pemanfaatan energi bersih guna mewujudkan Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang.

Sebagai subholding Beyond kWh, PLN Icon Plus bertugas untuk mengembangkan dan mengonsolidasikan bisnis di luar ketenagalistrikan atau yang disebut dengan istilah Beyond kWh. Selain PV Rooftop, layanan dan produk Beyond kWh PLN Icon Plus, antara lain connectivity, digital solution, managed service, dan electric vehicle digital services (EVDS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya