SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo disebut tengah berlari kencang menggenjot industri wisata pada 2023. Saking penuhnya kamar hotel, hampir tidak ada periode low season bagi industri pariwisata di Kota Bengawan.

Munculnya destinasi wisata baru di Kota Solo mengerek sentimen positif bagi sektor pariwisata. Belum lagi, event berlabel internasional maupun nasional yang membanjiri Solo sepanjang 2022 dan berlanjut di 2023.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Sekarang sudah tidak ada lagi low season di Solo. Yang ada hanya high season, kamar hotel semua penuh. Sampai-sampai kesulitan mendapatkan kamar hotel dan disampaikan di media sosial (medsos). Wisata Solo benar-benar berlari kencang atau sprint,” kata pengurus Association of The Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Solo, Mirza Ananda, Jumat (10/3/2023).

Mirza optimitis tingginya okupansi hotel dibarengi dengan bertambahnya lama tinggal wisatawan atau length of stay di Kota Solo. Saat ini, length of stay Kota Solo di kisaran 1,5 hari-1,6 hari. Targetnya, lenghth of stay Kota Solo mampu menembus dua hari pada tahun ini.

Guna merealisasikan target tersebut, para pelaku usaha wisata harus melibatkan instansi pemerintah di daerah di Soloraya. Terutama daerah yang memiliki objek wisata unggulan yang bisa memperpanjang lama tinggal wisatawan untuk menginap di hotel.

“Paling tidak wisatawan menginap tiga hari dua malam. Namun, jika dihitung-hitung destinasi wisata di Solo dieksplorasi selama dua hari sudah habis. Karena itu harus berkolaborasi dengan daerah lain seperti Karanganyar, Klaten, Sukoharjo atau Boyolali,” kata dia.

Sementara itu, pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, M.S. Adji mengatakan okupansi hotel dipastikan melesat jika ada event atau kegiatan yang menyedot massa dari luar Soloraya. Mereka menginap di puluhan hotel yang tersebar di Kota Bengawan dan sekitarnya.

Adji mencontohkan okupansi hotel sejak beberapa hari lalu melonjak tajam menyusul konser Deep Purple di Solo pada Jumat malam. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan ikut menonton aksi grup band asal Inggris tersebut.

“Okupansi hotel naik drastis, luar biasa. Ini membuktikan gairah pariwisata sudah bangkit pada tahun ini. Solo sekarang menjadi destinasi wisata pilihan masyarakat,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya