SOLOPOS.COM - Penggunaan atau transaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). (Istimewa/BRI)

Solopos.com, JAKARTA — Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS (dibaca KRIS) yang kini menjadi salah satu pilihan pembayaran nontunai memiliki fungsi yang beragam.

Selama ini banyak yang mengira QRIS hanya untuk pembayaran. Belum lama ini Bank Indonesia (BI) mengembangkan fitur baru di QRIS yang memungkinkan pengguna melakukan transfer, tarik tunai, bahkan setor tunai atau disebut dengan QRIS Tuntas.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Terlebih, fitur tersebut tidak terbatas pada ATM saja, tetapi dapat melalui agen QRIS di seluruh Indonesia.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta menyatakan fungsi atau fitur baru pada Kode QR Standar Indonesia atau QRIS akan diluncurkan pada Agustus 2023, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia.

“Nanti mudah-mudahan grand launching bisa kami lakukan pada bulan Agustus, sebagai ulang tahun kemerdekaan Indonesia,” ujar Filianingsih dalam konferensi pers, Sabtu (15/7/2023).

Sebagai fungsi pembayaran, QRIS memudahkan penggunanya karena cepat dan kekinian, serta tidak perlu repot membawa uang tunai untuk berbelanja.

Kini, seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Sementara itu, fungsi QRIS untuk transfer yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi transfer dana ke antar pengguna QRIS lainnya dengan menggunakan scan QR code, baik antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) bank maupun PJP bank dan non-bank.

Pengguna QRIS juga akan lebih mudah untuk menarik uang tunai di mesin ATM maupun agen dengan fitur QRIS Tarik Tunai. Kelebihan fitur ini adalah pengguna dapat menarik tunai di mesin ATM tanpa harus memiliki rekening bank tertentu.

Contohnya, pengguna dapat melakukan tarik tunai dari akun Uang Elektronik (UE) PJP nonbank. Terakhir, mulai Agustus nanti pengguna QRIS juga dapat melakukan setor tunai di mesin ATM.

Fungsi QRIS yang baru ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin menyetorkan uang tunai ke bank (atau ke akun UE PJP nonbank), tetapi terkendala jarak mesin ATM yang jauh atau jam operasional bank yang terbatas.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sudah Tahu? Fungsi QRIS Enggak Cuma untuk Bayar, Bisa Transfer dan Tarik Tunai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya