SOLOPOS.COM - Bukalapak. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Emiten teknologi PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) menyiapkan strategi investasi dan akuisisi, sambil terus berfokus pada lini bisnis utama.

Head of Investor Relations Bukalapak Carl Reading mengatakan pihaknya sangat fokus pada lini bisnis utama dan berusaha mencapai titik impas EBITDA disesuaikan sejak 18 bulan yang lalu. “Kami telah menetapkan target untuk mencapai angka itu pada kuartal IV/2023. Dan kami sangat fokus untuk mencapai itu,” ucap Carl, dalam paparan publik Bukalapak, Jumat (13/10/2023).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dia menuturkan, BUKA cukup fokus pada bisnis intinya dan tidak pernah melebar terlalu jauh ke bisnis yang bukan merupakan core business-nya. Meski demikian, kata Carl, BUKA selalu mencari peluang investasi yang sesuai dengan strategi jangka panjang.

“Kami terus mempertimbangkan apakah kami harus membeli atau membangun bisnis. Tetapi, jika produk dapat kami beli dan dapat membantu kami mencapai tujuan lebih cepat, maka kami akan melakukannya,” tuturnya. Menurut Carl, Presiden BUKA Teddy Oetomo beserta timnya terus menerus mencari perusahaan yang ingin dibeli BUKA, yang akan membantu BUKA sesuai dengan strategi dan mempercepat pengembangan produk.

“Jadi ya, ada target akuisisi. Tetapi semuanya cenderung berukuran kecil,” ucapnya. Carl melanjutkan saat ini Bukalapak memiliki kas dan investasi lancar sebesar Rp19,8 triliun. Menurutnya, situasi ini sangat menguntungkan bagi Bukalapak.

Dia menjelaskan terdapat banyak kekhawatiran secara global tentang tingginya tingkat inflasi dan suku bunga saat ini. Selain itu, perusahaan-perusahaan yang memiliki beban utang tinggi saat ini benar-benar kesulitan untuk melunasi utang yang lebih tinggi karena kenaikan suku bunga.

Menurutnya, BUKA memiliki neraca yang sangat baik dengan kas dan setara kas serta investasi lancar senilai Rp19,8 triliun. Artinya, kata Carl, pihaknya sebenarnya menghasilkan pendapatan bunga. Dengan situasi ini, Carl menilai suku bunga yang lebih tinggi bukan masalah bagi Bukalapak. “Ini sebenarnya adalah keuntungan. Kami berencana untuk menghabiskan uang itu,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Punya Kas Tebal, Simak Rencana Investasi dan Akuisisi Bukalapak (BUKA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya