SOLOPOS.COM - Ilustrasi fitur Sabrina BRI. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Asisten virtual bernama Sabrina yang dikembangkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI (BBRI) memiliki fitur yang beragam untuk memudahkan nasabah.

Ini untuk memberikan kemudahan dan bisa semakin memanjakan nasabahnya. Salah satunya adalah dalam memberikan kemudahan dan kecepatan kepada nasabah lewat asisten virtual bernama Sabrina.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Lewat Sabrina, dengan berbagai fitur yang dimiliki, nasabah dapat mengakses segala layanan perbankan, hingga mencari lokasi merchant BRI terdekat.

Dengan berkomunikasi melalui chat WhatsApp ke nomor 0812-12-14017, nasabah bisa mengetahui beragam merchant di banyak sektor seperti food & beverage, fashion, perhotelan, dan lain-lain hanya dengan mengetik kata kunci.

Beberapa contoh kata yang dapat digunakan, untuk cek gaji sudah masuk atau belum cukup ketik ”saldo” atau ”mutasi” dan sebelumnya jangan lupa untuk registrasi pada fitur chat banking pada BRImo, saat lapar dan mencari restoran terdekat cukup ketik “Lapar”, saat mau belanja bulanan cukup ketik “Supermarket” atau saat mau liburan seru ketik “Staycation”.

Kemudian kirim lokasi (share location) terkini, Sabrina akan berikan info merchant terdekat untuk pemenuhan kebutuhan informasi tersebut. Pencarian informasi juga dapat dilakukan dengan mengetik “Lokasi Merchant” dan share location terkini, Sabrina akan menampilkan informasi merchant terdekat berdasarkan kategori yang telah dipilih.

Pencarian semakin seru dengan informasi merchant pilihan yang tak jarang menghadirkan promo-promo menarik.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto, mengatakan kehadiran fitur Sabrina telah terbukti menjadi salah satu solusi salah satu layanan keseharian.

Di luar informasi layanan perbankan, Sabrina juga dapat membantu nasabah mencari beragam merchant terdekat yang bisa memfasilitasi pembayaran melalui BRI.

“BRI akan terus meningkatkan layanan keuangan maupun beragam kebutuhan melalui pengembangan teknologi AI (artificial intelligence) untuk berbagai lapisan di seluruh Indonesia. Dengan Sabrina, proses pemenuhan kebutuhan nasabah menjadi lebih mudah, cepat dan efektif,” ucapnya.

Sebagai informasi, Sabrina merupakan chatbot yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan dan dirancang untuk bisa berinteraksi selayaknya interaksi antar manusia.

Fondasi di balik teknologi chatbot sendiri adalah teknologi artificial intelligence (AI), cabang ilmu komputer yang berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah selayaknya manusia seperti berbicara, memahami, ataupun berpikir.

Salah satu bidang dalam AI yang membuat chatbot dapat memproses bahasa alami manusia adalah natural language processing (NLP). Secara sederhana, NLP bekerja dengan cara mengekstrak pesan dari user agar dapat dipahami maksud dan tujuannya, kemudian chatbot Sabrina akan menggunakan hasil ekstraksi tersebut untuk membalas pesan dari user.

Tidak hanya mencari lokasi merchant, masyarakat juga dapat mengakses fitur lain di Sabrina BRI seperti cek saldo dan mutasi rekening tabungan, simulasi KPR dan Briguna, status tiket pengaduan BRI, layanan saran digital Kantor BRI, live chat, lokasi AgenBRILink hingga mengetahui lokasi ATM/CRM serta Kantor Cabang BRI terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya