SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Forum ASEAN Indo-Pasifik atau AIPF telah membuka jalan menuju diskusi yang lebih mendalam dalam hubungan perdagangan antarnegara di dua kawasan.

Salah satu nilai penting yang dikembangkan adalah perdagangan yang setara. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo pada berbagai kesempatan dan kini diungkapkan kembali oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Erick mengungkapkan arahan Presiden Jokowi sangat jelas bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke- 43 ASEAN diharapkan dapat menjadi landasan untuk meningkatkan kesetaraan dalam hubungan perdagangan.

Menurutnya, tidak mungkin perdagangan berlangsung merugikan satu sama lain. Seluruh pihak harus memastikan kerja sama yang saling menguntungkan, terutama untuk rakyat dan negaranya masing-masing.

“Tentu saja, Indonesia mendorong kesetaraan karena kita ingin menjadi negara maju dengan pertumbuhan ekonomi yang baik dan kesejahteraan rakyat terjaga,” kata Erick saat menjawab pertanyaan wartawan usai pembukaan AIPF di Jakarta, Selasa (5 September 2023).

Saat membuka KTT ke- 43 ASEAN, Presiden Jokowi berharap KTT ASEAN INI dapat dijadikan tempat kerja sama bagi seluruh negara dalam kawasan ASEAN.

Perusahaan milik negara pun diharapkan dapat memanfaatkan KTT ASEAN untuk meningkatkan kesetaraan dalam hubungan perdagangan.

“Jadikanlah kapal ASEAN ini sebagai ladang untuk membangun kerja sama, menciptakan kemakmuran, stabilitas, dan perdamaian,” ungkap Presiden Jokowi.

ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) yang digelar pada 5-6 September 2023 di Jakarta menjadi forum untuk mendorong perekonomian, terutama di ASEAN.

Erick Thohir yang hadir dalam pembukaan acara mengatakan, forum ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) menjadi ruang bagi Indonesia untuk membuka peluang dan potensi kerja sama yang lebih terkoneksi dan terintegrasi.

“Melalui forum ini, Indonesia berupaya untuk mendorong pembangunan kawasan keberlanjutan. Terdapat tiga isu utama yang diangkat, yakni infrastruktur hijau dan rantai pasok, transformasi digital dan kreatif ekonomi serta pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif,” kata dia.

Seperti diketahui, ASEAN merupakan salah satu kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan pasar yang berkembang dan populasi yang produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya