SOLOPOS.COM - Acara Karya Nyata Fest Vol. 6 di di Lapangan Aerosport, Pekanbaru, Riau. (Istimewa)

Solopos.com, PEKANBARU — Menteri BUMN Erick Thohir terus membuktikan dukungannya dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah. Kali ini terwujud dengan terlaksananya Karya Nyata Fest Vol. 6. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari Jumat (26/4/2024) hingga Minggu (28/2/2024) di Lapangan Aerosport, Pekanbaru, Riau.

Acara yang terlaksana berkat kerjasama antara Kementerian BUMN dengan PT Pertamina (Persero) ini berhasil mencatat rekor pengunjung sekitar 30.000 orang. Jumlah ini menjadi yang terbanyak di antara Karya Nyata Fest yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Promosi Telin & BW Digital Berkolaborasi Percepat Konektivitas di Wilayah RI-Australia

Selain itu, acara ini juga menggandeng total 105 peserta UMKM binaan 25 BUMN yang terdiri dari makanan dan minuman, craft, serta fashion dengan menghasilkan total transaksi sebesar Rp668 juta. Hal ini menjadi wujud bagaimana Erick Thohir turut mendorong pergerakan roda ekonomi daerah melalui pembinaan UMKM.

Erick Thohir melalui staf khususnya, Arya Sinulingga, sebagai perwakilan Kementerian BUMN menyatakan, acara tersebut diharapkan dapat mengembangkan UMKM.

“Diharapkan dengan adanya acara seperti ini, UMKM menjadi punya tempat untuk bisa menampilkan produknya sehingga bisa dikenal dan dibeli. Dipayungi juga oleh Rumah BUMN Pekanbaru, harapannya UMKM lokal dapat maju sehingga berpengaruh juga untuk memajukan ekonomi Indonesia,” katanya.

Karya Nyata Fest Vol.6 Pekanbaru ini selain dari penjualan produk UMKM juga berisi rangkaian acara yang menarik dan melibatkan masyarakat dari segala usia. Di antaranya terdapat rangkaian pertandingan futsal tingkat SMA, berbagai talkshow mengenai entrepreneurship dan social media marketing, kompetisi cosplay, robotic show, kompetisi kopi, mobile legend, hiburan band lokal dan puncaknya adalah penampilan dari Rony Parulian dan Diskoplo.

Selain itu, terdapat juga business matching yang menjadi kerja sama antara UMKM Riau dengan Malaysia, menjadikan acara ini sebagai Karya Nyata Fest pertama yang berskala internasional.

Acara ini juga turut dihadiri perwakilan dari Kementerian BUMN, Asisten Deputi SDM & TI Kementerian BUMN bid. TjSL, Edi Eko Cahyono, VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, Direktur Eksekutif forum TJSL BUMN, I Gede Arimbawa, Kepala Bappeda Riau, Emri Juliharnis, serta seluruh CEO/CFO Muda Rumah BUMN di Indonesia.

Perhelatan Karya Nyata Fest yang merupakan ajang unjuk gigi bagi UMKM daerah di Indonesia yang diusung oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan BUMN melalui Rumah BUMN ini akan terus berlanjut di kota-kota berikutnya. Pekanbaru menjadi kota keenam setelah sebelumnya terlaksana di Tangerang, Padang, Medan, Jambi, dan Bangka Belitung.

Selanjutnya acara ini akan berkunjung dan dilaksanakan di Aceh. Dengan semangat kolaborasi, Karya Nyata Fest telah berhasil menciptakan momentum positif bagi pengembangan UMKM dan pertumbuhan ekonomi daerah, kali ini khususnya di Pekanbaru.

Diharapkan melalui kegiatan selanjutnya, Karya Nyata Fest dapat kembali meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan merangsang pengembangan UMKM di daerah-daerah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya