SOLOPOS.COM - Pekerja perempuan menata tumpukan buku di pabrik PT Macanan Jaya Cemerlang, Karanganom, Klaten pada Kamis (27/7/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, KLATEN — Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat yakin bahan ajar cetak tetap penting bagi mahasiswa di tengah perkembangan era digital.

“Di Universitas Terbuka, kami berusaha mengembangkan ilmu pengajaran yang transparan dan bersih. Kami juga berusaha melaksanakan kebijakan dengan tiga prinsip yaitu better, cheaper, dan faster [lebih baik, lebih murah, dan lebih cepat] yaitu kualitasnya, harganya, dan pelaksanaannya,” ujar Ojat saat ditemui rekan media selepas seremonial pengiriman bahan ajar cetak program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dari kompleks PT Macanan Jaya Cemerlang di Karanganom, Klaten, Kamis (27/7/2023).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Dia mengatakan ke depannya kerja sama antara UT dengan PT Macanan Jaya Cemerlang tidak hanya mencetak bahan ajar kedua program studi tersebut, tetapi juga untuk program studi yang lain yaitu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan juga Ilmu Hukum.

Ojat mengatakan, PT Macanan Jaya Cemerlang dipercaya UT untuk menjadi penyedia paket bahan ajar cetak sejak 2020 karena mampu memproduksi dengan volume besar.

Direktur Utama PT Macanan Jaya Cemerlang, Andika Tri Anggono Yakti mengatakan produksi paket bahan ajar cetak tersebut selesai lebih cepat dari rencana awal karena perusahaan memiliki mesin yang dapat diandalkan.

“Kemudian kami memiliki SDM yang mumpuni, dan bahan baku juga sudah tersedia sehingga semua cepat dan lancar,” papar Andika dalam kesempatan yang sama.

PT Macanan Jaya Cemerlang berdiri sejak 1991 untuk memenuhi permintaan produksi buku dari penerbit di dalam grup korporasi mereka, yakni Intan Pariwara Group.

Namun sejak krisis moneter tahun 1998, perusahaan memulai mencari pesanan percetakan buku di luar jaringan Intan Pariwara Group dan mengerjakan proyek percetakan lebih bervariasi selain buku.

Hal ini karena krismon 1998 menyerang semua aktivitas bisnis, termasuk penerbitan dan percetakan.

Usaha mulai kuat hingga tahun 2005 PT Macanan Jaya Cemerlang ekspansi dengan membuka Kantor Cabang Pemasaran di Solo, Semarang, dan Jakarta. Lima tahun kemudian, perusahaan memulai partisipasi proyek percetakan buku pendidikan untuk pasar luar negeri.

Tahun 2014, perusahaan merasa perlu menambah lebih banyak mesin dan memperluas area produksi.

Kemudian empat tahun setelahnya, perusahaan memasuki bisnis pasar alat tulis kantor, paket percetakan dan bahan adhesif. Pasarnya termasuk di Victoria, Queensland, New South Wales, dan kota-kota besar Australia.

Kini perusahaan tersebut memiliki kapasitas gudang sebesar 7.400 meter persegi. Sebagai perusahaan percetakan, PT Macanan Jaya Cemerlang memerhatikan pengelolaan limbah dengan cermat.

“Kami melakukan prosedur pengolahan limbah sesuai standar yang berlaku,” ujar Andika kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya