SOLOPOS.COM - Komunitas Sepeda Motor Listrik Gesits Riders Indonesia (GRID) menggelar Touring Motor Listrik dengan Rute Jakarta-Dieng bertajuk Electric Vehicle Adventure Dieng Plateu 2023, Jumat-Senin(8-11/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, TEGAL — Komunitas Sepeda Motor Listrik Gesits Riders Indonesia (GRID) selenggarakan acara Touring Motor Listrik dengan Rute Jakarta-Dieng bertajuk Electric Vehicle Adventure Dieng Plateu 2023, Jumat-Senin(8-11/9/2023).

Touring ini diikuti 8 peserta yang melakukan start dari Jabodetabek, 4 peserta dari Bandung dan Cirebon, dan 23 peserta yang start dari Jateng DIY. Seluruh peserta menuju garis finish di Dieng Plateau Wonosobo Jawa Tengah.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Peserta Touring melakukan perhentian di beberapa lokasi transit selama perjalanan sejauh 415 kilometer dari Jakarta menuju Dieng Plateau. Selain untuk beristirahat, rombongan juga melakukan charging di beberapa kantor PLN seperti di lokasi Bekasi Kota, Pamanukan, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Borobudur Magelang dan Wonosobo.

Salah satu peserta touring yang berpengalaman perjalanan jauh dengan motor listrik, Maman Suparman, menyampaikan segudang keunggulan kendaraan listrik berbasis baterai tersebut.

“Sebelumnya saya pribadi juga telah melakukan beberapa perjalanan touring menggunakan motor listrik, seperti Jakarta – Mandalika sejauh 3200 KM, kemudian Jakarta – Aceh sejauh 6.200 km. Selama perjalanan saya merasa motor listrik sudah cukup mumpuni secara durabilitas dan lain-lain sangat baik bahkan setara kendaraan konvensional BBM,” ujar Maman.

Dia menambahkan ketakutan-ketakutan mengenai kendaraan listrik itu tidak benar.

“Ketakutan masyarakat seperti molis [motor listrik] itu nyetrum, atau tidak bisa jalan jauh itu tidak benar dan sudah bisa saya buktikan sendiri. Saya sudah pernah melakukan perjalanan Jakarta – Surabaya selama 23 jam nonstop sekitar 800 km, kendaraan listrik sudah sangat baik untuk saat ini,” jelasnya.

Salah satu anggota Komunitas Sepeda Motor Listrik Gesits Riders Indonesia (GRID) melakukan charging di kantor PLN saat Electric Vehicle Adventure Dieng Plateu 2023 belum lama ini. (Istimewa)
Salah satu anggota Komunitas Sepeda Motor Listrik Gesits Riders Indonesia (GRID) melakukan charging di kantor PLN saat Electric Vehicle Adventure Dieng Plateu 2023 belum lama ini. (Istimewa)

Leader Touring Eko Saputro, mengemukakan PLN memberikan support yang luar biasa dalam upayanya dan rekan-rekan GRID mengkampanyekan transisi energi bersih ke masyarakat.

“Alhamdulillah sangat disupport, di setiap titik peristirahatan disediakan titik charge dan diberikan kenyamanan. Semoga ke depan makin banyak lokasi chargingnya dan semakin memberikan kenyamanan berkendara bagi pemakai Electric Vehicle (EV),” ujar Eko.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan dukungannya bagi kegiatan touring motor listrik ini.

“Touring-touring seperti ini sangat penting untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat bahwa motor listrik itu aman dan nyaman serta ramah lingkungan. Durabilitas motor diuji langsung oleh pengguna melewati serangkaian jarak yang jauh dan elevasi tanjakan dan turunan yang bervariasi,” ujar Soffin dalam keterangan tertulis.

Dia menambahkan ke depan masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk bisa menggunakan motor listrik, karena PLN menyediakan ekosistem kendaraan listrik yang andal dengan lokasi charging umum berupa 465 Unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan 45 Unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dapat diakses oleh seluruh pengguna EV di Jateng dan DIY.

Sejauh ini, terdapat 846 SPKLU di seluruh Indonesia, di antaranya 620 SPKLU milik PLN, sedangkan sisanya milik agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) yakni Hyundai 157 SPKLU, Mitsubishi 17 SPKLU, dan 52 SPKLU dari mitra lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya