SOLOPOS.COM - Ilustrasi Inflasi (Solopos)

Solopos.com, JAKARTA–Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memperkirakan inflasi Indeks Harga Konsumen atau inflasi pada Mei 2022 naik 0,43% secara bulanan (month-to-month/mtm).

Menurut dia, hal tersebut terutama didorong oleh faktor musiman libur Lebaran yang meningkatkan harga makanan, transportasi, restoran dan rekreasi.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Dia mengatakan tingkat inflasi tahunan pada Mei 2022 akan terus menguat.

“Secara tahunan, inflasi IHK diperkirakan sekitar 3,59% (year-on-year/yoy) pada Mei 2022. Inflasi inti relatif tidak berubah, atau sebesar 2,59% yoy di tengah membaiknya mobilitas publik dan permintaan secara keseluruhan,” kata Faisal dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (31/5/2022).

Di lain sisi, Faisal memprediksi inflasi akan meningkat secara substansial dan fundamental di semester II/2022.

Baca Juga: Bank Indonesia Memprediksi Inflasi 2-4 Persen

Tekanan inflasi pada 2022 cenderung meningkat akibat demand-pull inflation di tengah percepatan pemulihan ekonomi, berkat mobilitas masyarakat yang meningkat seiring dengan pelonggaran PPKM.

“Hal ini juga didorong oleh inflasi cost-push, terkait dengan kenaikan harga pangan, energi, dan bahan bakar global,” imbuh dia.

Kendati demikian, dia menilai pemerintah telah memutuskan untuk memompa subsidi tambahan untuk energi, memastikan bahwa harga BBM bersubsidi, elpiji, dan listrik tak akan naik di 2022.

Menurut Faisal, keputusan untuk tidak menaikkan harga yang diatur harus mengarah pada risiko inflasi yang lebih rendah.

Karena itu, tingkat inflasi 2022 berpotensi lebih rendah dari perkiraan mereka, yaitu sebesar 4,60%.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Ekonom Bank Mandiri Prediksi Inflasi Mei 2022 Naik 0,43 Persen

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya