SOLOPOS.COM - Direktur Utama KAI Wisata, Hendy Helmy saat memberikan keterangan kepada awak media terkait paket Royal Java Train Tour, di Solo, pada Minggu (15/10/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia, PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo meluncurkan paket wisata baru bernama Wisata Royal Java Train Tour.

Paket tur yang didukung KAI Wisata ini, kata Direktur Utama KAI Wisata, Hendy Helmy, diluncurkan dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata di Kota Solo.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya. Ke depan akan semakin banyak lagi event atau promo yang akan kami lakukan,” ujar Hendy.

Peluncuran paket kereta wisata yang fokus pada pengembangan wisata Kota Solo tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja antara antara kedua belah pihak di Taman Sriwedari Graha Wisata Niaga, Solo, Minggu (15/10/2023).

Komitmen dalam nota kesepahaman ini akan berlangsung selama dua tahun ke depan.

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) ini disaksikan Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa, EVP Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, Direktur Operasi KAI Wisata, Wawan Ariyanto, EVP Passenger Transport Marketing and Sales, Ririn Widi Astutik, dan Deputy 6 Yogyakarta, Nugroho Dwi Sasongko.

Ketua Kadin Solo, Ferry Septha Indrianto mengapresiasi dukungan KA Wisata untuk pengembangan destinasi di Kota Solo. Ia menyebut pariwsata di Kota Solo saat ini memang sedang tumbuh.

“Ini [program kolaborasi Kadin Solo dan KA Wisata] adalah suatu gebrakan yang kami apresiasi,” papar dia.

Ia berharap Royal Java Train Tour menjadi langkah awal kolaborasi keduanya yang bisa didukung oleh pemerintah. Ke depan, ia berharap paket wisata tersebut tak hanya menyasar Solo, namun juga dikembangkan di wilayah Soloraya ataupun Jawa Tengah lainnya.

Bidik Pasar Korporasi

Ketua Komite Tetap MICE Kadin Solo, Daryono menambahkan saat ini pihaknya melihat banyak peluang dari perkembangan transportasi umum, misalnya kereta api.

Dia menyebut kereta api tidak hanya dilihat sebagai sarana transportasi saja, namun juga sebagai destinasi wisata. Salah satu buktinya yakni adanya KA Wisata ini.

“Untuk itulah Kadin Solo berkomitmen melalui kerja sama ini untuk mengembangkan Solo sebagai destinasi MICE [Meeting, Insentive, Convention, Exhibition],” terang Daryono.

Lebih lanjut, Daryono menjelaskan saat ini paket wisata tersebut akan membidik segmen khusus, misalnya korporasi maupun pemerintahan.

Ia berharap dengan adanya paket wisata ini mampu menggaet wisatawan domestik maupun luar negeri untuk datang ke Kota Solo.  Oleh sebab itu, pihaknya sebagai partner di daerah berharap bisa bersama-sama membangun destinasi wisata nasional melalui KAI Wisata.

Sementara itu, penandatanganan kolaborasi keduanya juga dimeriahkan dengan berbagai acara untuk masyarakat umum Kota Solo. Misalnya ada senam ceria, flashmob, kirab kereta kencana, bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan KAI, dan hiburan lain.

Di sisi lain, dalam acara tersebut KAI juga akan memberikan potongan harga atau diskon sebesar 20% untuk pembelian tiket kereta api komersial antarkota.

Tiket KA dengan tarif diskon tersebut hanya bisa didapatkan khusus untuk pembelian di booth KAI yang ada di Graha Wisata Niaga selama acara berlangsung.

Dalam rangka menyemarakkan Solo Great Sale (2023), pihaknya juga telah memberikan diskon sebanyak 10% bagi penumpang dari Solo dan penumpang yang menuju Solo.

KAI Wisata

Didirikan pada 2009, PT Kereta Api Pariwisata jadi salah satu pelopor pariwisata berbasis kereta api di Tanah Air.  Produk jasa atau layanan yang ditawarkan meliputi paket-paket wisata menggunakan kereta api sebagai transportasi utama didukung dengan angkutan lanjutan, serta layanan penunjangnya seperti ticketing domestik dan internasional.

Mereka juga membuat paket wisata baik bagi individu maupun kelompok, akomodasi, pengurusan dokumen perjalanan seperti paspor, visa, asuransi, dan lainnya.

Saat ini sudah tersedia beberapa jenis kereta wisata, antara lain Kereta Istimewa, Kereta Wisata Bali, Kereta Wisata Imperial, Kereta Wisata Jawa, Kereta Wisata Nusantara, Kereta Wisata Priority, Kereta Wisata Retro, Kereta Wisata Sumatera, dan Kereta Wisata Toraja.

Pihak KAI Wisata juga menawarkan beberapa paket wisata untuk mengunjungi objek wisata yang dilalui selama perjalanan dari titik keberangkatan ke titik tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya