SOLOPOS.COM - Salah satu brand service FIF Group, Finatra, berkolaborasi dengan sejumlah platform menggelar pelatihan pengelolaan keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di Jogja, Sabtu (10/6/2023).

Solopos.com, SOLO — Salah satu brand service FIF Group, Finatra, berkolaborasi dengan sejumlah platform menggelar pelatihan pengelolaan keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di Jogja, Sabtu (10/6/2023). Program tersebut digelar sebagai upaya Finatra dalam mendorong UMKM untuk naik kelas.

Microfinancing partnership and marketing development Head Finatra, Riezky Candra Novariz, mengatakan dalam hal ini pihaknya berkolaborasi dengan beberapa platform yang memiliki komitmen untuk mendukung sistem bisnis UMKM, di antaranya ada Lunas (Layanan UMKM Naik Kelas), Olsera, dan AstraPay. Total ada sekitar 60 peserta pelatihan yang merupakan para pelaku UMKM di wilayah Jogja dan sekitarnya.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Latar belakangnya, tentu kami ingin memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM supaya tahu cara mengelola keuangannya dengan baik, termasuk menentukan harga produk, cara memanfaatkan atau menggunakan sistem bisnis digital keuangan,” kata dia saat dihubungi, Sabtu.

Melalui pelatihan itu, diharapkan dapat mendukung para peserta dalam mengembangkan usahanya agar bersaing dengan e-commerce. Beberapa materi yang disampaikan di antaranya adalah kiat menghitung biaya produksi, HPP dan menentukan harga jual; pemanfaatan sistem manajemen bisnis; penggunaan QRIS AstraPay dan scale up UMKM dengan penambahan modal usaha.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kedua yang digelar Finatra. Sebelumnya kegiatan tersebut telah digelar di Jakarta. Kemudian pada pekan depan akan digelar acara serupa di Surabaya. “Kami memiliki komitmen untuk melakukan event ini. Kami punya misi agar UMKM secara finansial inklusinya mendapatkan pemahaman,” lanjut dia.

Menurutnya finansial inklusi menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan UMKM. Sementara dari informasi yang didapatkan pada acara tersebut, sebagian besar dari para peserta masih belum memahami cara menentukan harga jual produk, dan belum familier dengan QRIS.

Pascapelatihan tersebut, para peserta juga akan tetap mendapatkan pendampingan. “Dari tim Lunas selama sekitar sepekan akan memberikan pelatihan terkait rencana bisnis. Jadi tidak berhenti di sini. Pendampingan tetap dilakukan baik secara online maupun offline,” Jelas Riezky.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Finatra memiliki komitmen untuk hadir dalam program pengembangan UMKM. Finatra merupakan salah satu brand service FIF Group yang fokus pada pembiayaan produktif yang bertujuan memberikan kemudahan pembiayaan pada para pelaku UMKM guna menumbuhkan dan mengembangkan usahanya. Namun di samping itu, pihaknya juga aktif memberikan pemahaman dan pelatihan kepada para pelaku UMKM agar naik kelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya