SOLOPOS.COM - Astrid Widayani dan Is Purwaningsih dalam acara Pekan Kolaborasi Solo Technopark Kamis (12/1/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — Pemulihan ekonomi menjadi isu yang digadang dalam acara Pekan Kolaborasi Solo Technopark Kamis (12/1/2023) sampai Jumat (13/1/2023). Acara ini merupakan bagian dari paska pembukaan Shopee Solo Creative & Innovation Hub Desember 2021 lalu.

Melansir keterangan tertulis yang didapat dari Shopee Indonesia, acara berupa talkshow yang dikemas santai dengan menghadirkan pembicara Astrid Widayani, S.E., S.S., MBA pelaku edupreneur dan pariwisata Solo dan Is Purwaningsih, M.Si selaku Kabid Pengembangan Sumberdaya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Solo.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Acara bertujuan memfasilitasi generasi muda di Jawa Tengah untuk berjejaring dan bertukar pikiran demi menciptakan inovasi yang akan mendorong pemulihan ekonomi, dengan sasaran mahasiswa jurusan pariwisata dan masyarakat umum di Solo.

Pantauan Solopos acara diikuti sedikitnya 25 peserta, mulai dari mahasiswa sampai pelaku ekonomi kreatif seperti beberapa pemilik usaha kuliner.

Is Purwaningsih menyampaikan 17 sektor UMKM sudah berkembang di Solo, tidak hanya sektor kuliner. “Yang paling kelihatan pasti kuliner, fashion, kriya, seni pertunjukan, seni musik,” paparnya dalam acara tersebut.

Namun, Is tetap mendorong sektor ekonomi lainnya yang tidak melulu end-user atau langsung untuk konsumen. Dirinya juga mendorong usaha yang memberi dampak untuk usaha lainnya seperti periklanan. Is juga memaparkan kota Solo diajukan untuk jadi bagian dalam Jaringan Kota Kreatif atau Creative Cities Network dari UNESCO 2023 ini.

“Kami ingin kota Solo jadi kota kreatif seni pertunjukan,” paparnya.

Beberapa peserta menanyakan persaingan bisnis di Solo yang terutama di sektor kuliner. Menanggapi hal tersebut, kedua pembicara memberi masukan agar pelaku usaha tetap kreatif dan berinovasi agar tidak saling mematikan usaha orang lain.

Harapan dari Shopee menggelar acara ini adalah kontribusi menghidupkan Solo Technopark agar lebih inovatif dan berdaya saing internasional. Shopee menganggap kolaborasi dan sinergi adalah kunci pemulihan ekonomi.

Shopee juga berharap kantor mereka di Solo Technopark bisa mewadahi generasi muda di Solo dan sekitarnya untuk bertukar pikiran agar temukan solusi memulihkan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya