SOLOPOS.COM - Head of Marketing, Brand & Customer Experience CIMB Niaga Toni Darusman dalam jumpa pers program Kejar Mimpi Lokal Berdaya untuk Solo dari CIMB Niaga di Ono Solo Coffee, Jumat (22/9/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Bank CIMB Niaga menyelenggarakan Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Solo Paragon Mall, Solo, Sabtu-Minggu (23-24/9/2023),

Program digelar untuk mendukung pengembangan bisnis bagi para pengusaha sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar naik kelas dan tumbuh secara berkelanjutan.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lewat acara ini, CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada para penggiat bisnis UMKM di Solo dan sekitarnya untuk mendapatkan mentoring bisnis bersama para ahli.

Sekaligus memperluas jaringan dengan sesama entrepreneur dan mentor bisnis, serta menampilkan produk-produknya agar dikenal pasar yang lebih luas.

Head of Region Jawa Barat & Jawa Tengah CIMB Niaga, Andiko Manik, mengatakan Solo menjadi kota kedua tempat penyelenggaraan pembinaan UMKM setelah Makassar.

Solo dipilih karena berpotensi menjadi lokasi pertumbuhan UMKM, sejalan dengan tren pertumbuhan positif jumlah UMKM di Solo beberapa tahun terakhir.

Data Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kota Solo mencatat ada 11.157 UMKM di Solo tahun 2022, meningkat hingga tiga kali lipat daripada 2021.

“Sektor UMKM memiliki peran penting meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional, baik dari sisi kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) maupun dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Mengingat peran strategis tersebut, pengembangan sektor UMKM menjadi salah satu prioritas yang perlu didukung semua pihak, termasuk perbankan,” ujar Andiko dalam jumpa pers Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Ono Solo Coffee, Jumat (22/9/2023).

Andiko melanjutkan, rangkaian acara Kejar Mimpi Lokal Berdaya merupakan paket lengkap yang terdiri atas talkshow, workshop, kelas mentoring dan beberapa keseruan lainnya.

Menurutnya, rangkaian acara tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka.

Sementara itu Head of Marketing, Brand & Customer Experience CIMB Niaga, Toni Darusman, mengatakan sebagai wujud dukungan nyata terhadap pengembangan para pengusaha UMKM, CIMB Niaga berinisiatif menyediakan wadah bagi para entrepreneur lokal untuk menambah wawasan, mengasah strategi dan manajemen bisnis melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya.

Dia berharap akan lebih banyak pengusaha UMKM yang terinspirasi dan terus tertantang untuk mengembangkan bisnisnya agar semakin berdaya.

“Hal itu tentunya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian lokal dan nasional. Itu sebabnya kami mengajak para pelaku UMKM Solo dan sekitarnya mengikuti beragam talkshow, workshop, dan mentoring bersama para business expert di Kejar Mimpi Lokal Berdaya,” ujar Toni dalam kesempatan yang sama.

Ada sekitar 35 UMKM Solo yang mengikuti rangkaian acara Kejar Mimpi Lokal Berdaya dari CIMB Niaga.

Menurut Toni, pemilihan 35 UMKM tersebut berdasarkan kurasi melihat potensi pengembangan UMKM dan potensi bisnis yang masih kuat.

Dia melihat UMKM Solo beragam, mulai dari kuliner, fesyen, hingga wisata. Menurutnya, masing-masing jenis UMKM memiliki pasar yang besar dan potensial karena Solo adalah kota yang cocok untuk menumbuhkan ekosistem UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya