SOLOPOS.COM - Regional Marketing Manager Central Java Prodia, Beppy Hamuaty (kanan), menyampaikan informasi mengenai pemeriksaan genetik di acara Indonesian Wellness and Health Tourism Expo 2022 di Solo Paragon Mall, Jumat (27/5/2022). (Bayu Jatmiko Adi/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Pola hidup sehat saat ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Namun untuk mencapai hasil yang memuaskan dari pola hidup sehat yang kita lakukan, ada baiknya mengetahui mengenai kebutuhan tubuh. Salah satunya dengan melihat gen dalam tubuh.

Salah satu yang menawarkan layanan pemeriksaan genetik adalah Prodia melalui layanan Prodia Genomic. Regional Marketing Manager Central Java Prodia, Beppy Hamuaty, mengatakan pemeriksaan genetik merupakan pemeriksaan komprehensif untuk mengetahui kondisi tubuh.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Pemahaman mengenai pemeriksaan genetik tersebut dia sampaikan dalam presentasi di acara Indonesian Wellness and Health Tourism Expo 2022 yang digelar oleh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi) di Solo Paragon Mall, Jumat (27/5/2022).

Dia mengatakan Prodia mendukung program dari Kementerian Kesehatan dan Kemenparekraf dalam meningkatkan wellness tourism. “Dalam hal ini kami menawarkan bentuk layanan pemeriksaan laboratorium yang lebih komprehensif. Saat ini yang kami tawarkan lebih pada pemeriksaan generik,” kata dia saat ditemui, Jumat.

Dia mengatakan dulu, pemeriksaan genetik dilakukan misalnya untuk mengetahui jenis kelamin calon bayinya. Namun dalam perkembangannya pemanfaatan genetik sudah jauh lebih luas.

Baca Juga; Prodia Fokus Kembangkan Layanan Digital

“Kita bisa membuat prediksi penyakit yang ada di dalam tubuh dengan melakukan pemeriksaan gen kita. Dengan memeriksa gen, kita bisa tahu apakah ke depan kita bisa terkena penyakit tertentu seperti kanker, jantung, gangguan tulang, otot atau yang lain,” jelas dia.

Bukan hanya itu, pemeriksaan generik juga bisa melihat respons tubuh pada makanan atau nutrisi yang masuk tubuh. Misal untuk program penurunan berat badan. Respons tubuh kepada nutrisi berbeda-beda.

Mungkin ada yang bisa mengontrol berat badan dengan mengurangi karbohidrat. Tapi cara yang sama mungkin tidak akan berdampak banyak pada orang lain. Mungkin pada orang lain lebih cocok dengan mengontrol proteinnya.

“Jadi pemilihan diet bisa diketahui dengan pemeriksaan genetik. Nanti dari hasil pemeriksaan itu kita bisa melakukan pengaturan pola hidup,” kata dia.

Baca Juga: SBBI 2022: Prodia Sukses Catatkan Pertumbuhan Laba 131 Persen

Begitu juga untuk mengetahui pilihan olahraga yang sesuai untuk terapi atau mengontrol berat badan.

“Ternyata tidak semua orang cocok dengan pilihan olahraga tertentu. Artinya antara satu orang dengan orang yang lain berbeda. Cocok untuk yang lain belum tentu cocok untuk kita. Ada yang mungkin lebih cocok dengan olahraga endurance, yang konsisten dan jangka panjang seperti renang, jalan dan sebagainya. Tapi ada yang lebih cocok atau bisa mendapatkan manfaat lebih besar dengan olahraga power seperti angkat berat,” jelas dia.

Dengan begitu pemeriksaan genetik bisa menjadi petunjuk seseorang dalam menjaga kesehatan seseorang. Melalui hasil pemeriksaan genetik, seseorang bisa memilih jenis makanan apa yang sesuai, jenis olahraga yang sesuai dan sebagainya.

“Jadi agar tidak terkena penyakit yang mungkin secara gen sudah ada. Jadi ini arahannya untuk antisipasi supaya penyakitnya tidak terjadi,” lanjut dia.

Baca Juga: Prodia Fokus Kembangkan Layanan Digital

Dia mengatakan meski secara genetik ada potensi penyakit tertentu namun masih bisa diantisipasi dengan pola hidup yang lebih terarah.
Untuk mendapatkan layanan pemeriksaan genetik, Prodia memiliki 250 cabang di 131 kota di 34 provinsi. Masyarakat bisa melakukan pemeriksaan dengan pengambilan sampel darah di cabang Prodia manapun.

“Sebab pengambilan sampel mudah, tinggal mengambil darah. Dan pemeriksaan cukup sekali dalam seumur hidup, sebab tidak akan berubah. Hasil bisa keluar sekitar 10 hari. Hasilnya bukan hanya satu lembar dua lembar, bisa seperti buku. Ada pemeriksaan yang disediakan terkait riwayat, bisa periksa secara menyeluruh,” lanjut dia.

Mengenai hasil pemeriksaan, nantinya bisa diakses secara online melalui aplikasi Prodia Mobile yang dapat diunduh.

“Pengambilan darah juga bisa dilakukan melalui home service. Pemesanan home service pun bisa dilakukan secara online melalui aplikasi itu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya