SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo terus berupaya menjalankan misi untuk merangkul semua badan usaha terkait, termasuk restoran untuk menjadi anggota PHRI.

Melalui komunikasi dan kolaborasi yang baik dalam satu organisasi, diharapkan sektor perhotelan, restoran dan lembaga pendidikan pariwisata dapat mendukung pengembangan pariwisata di Solo.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Ketua PHRI Solo, Joko Sutrisno, mengatakan upaya tersebut telah menjadi salah satu misi kepengurusan PHRI Solo saat ini. Menurutnya PHRI bukan hanya berasal dari unsur hotel, melainkan termasuk restoran dan lembaga pendidikan pariwisata.

“Jadi PHRI ke depan akan terus menggandeng pelaku usaha, termasuk resto. PHRI sekarang yang saya pimpin ini juga terus berupaya untuk menambah anggota dari resto,” kata dia, Rabu (17/1/2024).

Dia mengatakan yang sudah berjalan saat ini, PHRI juga mengundang setidaknya 10 pelaku usaha restoran yang belum menjadi anggota dalam pertemuan rutin PHRI. Melalui upaya itu diharapkan pelaku usaha dapat saling mengenal dan masuk dalam keanggotaan PHRI.

Ke depan perkumpulan tersebut akan menjadi wadah untuk bertukar informasi dan pengalaman mengenai hal-hal yang berkaitan di sektor usaha terkait. Untuk itu dalam pertemuan tersebut juga dilakukan pertemuan masing-masing kelompok usaha. Misalnya pertemuan restoran, pertemuan hotel maupun pertemuan lembaga pendidikan. Diharapkan dengan cara itu pembahasan persoalan di sektor usaha dapat dilakukan lebih optimal dan terfokus.

“Dengan berkumpul menjadi satu, akan membahas persoalan apa yang masih dihadapi, usulannya seperti apa. nantinya akan saling bersinergi dan kolaborasi, jadi setiap adanya perkumpulan ada nilai yang didapat,” kata dia.

Dikatakan saat ini PHRI juga melakukan terobosan dengan mengaktifkan website dan media sosial sebagai sarana informasi kepada masyarakat dan pelaku usaha.

“Selalui website dan media sosial itu diharapkan setiap ada event-event sudah langsung masuk dan dapat diinformsikan,” kata dia.

Berdasarkan informasi yang diunggah di website https://phrisurakarta.com, saat ini jumlah hotel anggota PHRI Solo ada sekitar 133 hotel. Jumlah itu terdiri dari hotel bintang 5 sebanyak 5 hotel, hotel bintang 4 sebanyak 16 hotel, hotel bintang 3 sebanyak 22 hotel, hotel bintang 2 sebanyak 20 hotel, hotel bintang 1 sebanyak 11 hotel dan hotel nonbintang sebanyak 59 hotel. Untuk restoran terdapat 21 anggota dan lembaga pendidikan pariwisata terdapat 14 anggota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya