SOLOPOS.COM - PT Daihatsu Astra Motor mewujudkan komitmen dukung energi bersih dan berkelanjutan dengan melakukan implementasi energi terbarukan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau Panel Surya berkapasitas kapasitas 3,2 Mega Watt peak (MWp) di pabrik Daihatsu di Karawang yang diresmikan, Kamis (16/11/2023). (Istimewa).

Solopos.com, KARAWANG —  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut mendukung pengurangan emisi karbon dengan menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan sesuai dengan fokus SDGs Goal 13 yaitu Climate Action dalam mengurangi emisi karbon dioksida (CO2).

Sebagai bentuk harmonisasi dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia, komitmen ini diwujudkan dengan melakukan implementasi energi terbarukan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau Panel Surya dengan total kapasitas sebesar 3,2 Mega Watt peak (MWp) di pabrik Daihatsu di Karawang yang diresmikan, Kamis (16/11/2023).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Kerja sama antara ADM bersama PT Energia Prima Nusantara (EPN) ini merupakan kelanjutan implementasi dari fase pemasangan Panel Surya sebelumnya yang telah dimulai di Parts Center Cibitung pada 2019, dan sebagian area di Karawang Assembly Plant pada 2021 dengan total sebesar 1,2 MWp.

Sehingga, secara keseluruhan Panel Surya ADM memiliki kapasitas total sebesar 4,4 MWp dan mampu berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon hingga sebesar klebih dari 3.300 Ton CO2 per-tahun.

Sebagaimana diketahui, dengan kapasitas produksi 530.000 unit per-tahun menjadikan ADM sebagai produsen manufaktur otomotif terbesar di Indonesia. Selain menyediakan kendaraan untuk pasar domestik, ADM juga memenuhi permintaan pasar ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia.

Tahun 2023 juga menjadi milestone penting bagi ADM, seperti seremoni groundbreaking pabrik baru modern dan ramah lingkungan di Karawang pada Februari lalu, serta capaian produksi ke-8 juta unit produksi pada Juli lalu terhitung sejak tahun 1978 atau 45 tahun hadir menemani masyarakat Indonesia.

“Kami bersyukur dapat menerapkan Panel Surya secara bertahap di fasilitas pabrik perakitan Daihatsu di Karawang dalam mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan. Hal ini merupakan bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan yang selaras dengan visi Daihatsu. Kami berharap, hal ini juga dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang positif pada lintas industri, juga menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Erlan Krisnaring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya