SOLOPOS.COM - Batik Prabuseno dalam serangkaian acara Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya oleh CIMB Niaga di Solo Paragon Mall, Minggu (24/9/2023). (Istimewa/IG @batikprabuseno).

Solopos.com, SOLO — Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya oleh CIMB Niaga berhasil menarik minat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Solo.

Tidak hanya menarik minat pelaku UMKM Solo, acara yang digelar di Solo Paragon Mall selama Sabtu-Minggu (23-24/9/2023) tersebut juga menarik minat masyarakat untuk berbelanja produk lokal.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Fesyen batik menjadi salah satu UMKM yang dipilih untuk ikut dalam acara ini.

Merek lokal yang berada di Jalan Dr. Radjiman No 393, Panularan, Laweyan, Batik Prabuseno, merupakan salah satu produsen batik yang hadir dalam pameran tersebut.

Staf administrasi Batik Prabuseno, Anggita Nur, mengatakan Batik Prabuseno sering mengikuti event UMKM di Solo dengan tujuan semakin mengenalkan merek mereka ke masyarakat.

“Selama dua hari ini penjualan meningkat, kami bisa masuk kurasi karena sebelumnya juga sudah beberapa kali diajak berkolaborasi oleh narasumber acaranya,” ujar Anggita saat diwawancara media di sela-sela acara, Minggu (24/9/2023).

Batik Prabuseno menjadi salah satu pilihan UMKM yang digandeng CIMB Niaga karena produk unggulan batik mereka.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Vice President Brand Strategy Group Head CIMB Niaga, Muhammad Firdaus Andjar, mengatakan produsen batik di Laweyan menjadi salah satu sasaran CIMB Niaga dalam program mendukung UMKM lokal khas Solo.

“Kampung Batik Laweyan itu sudah menjadi embrio pelestarian budaya batik Solo, sehingga kami mengajak para UMKM di sana [Laweyan] untuk ikut mengembangkan usahanya, kami bina dan kami berikan pelatihan selama dua hari ini,” ujar Firdaus saat diwawancara media, Minggu.

Firdaus melihat Solo semakin potensial untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan variasi UMKM yang semakin banyak.

Dia senang melihat tingginya antusiasme pelaku UMKM mengikuti sesi talkshow, mentorship, dan berbagai pelatihan dari CIMB Niaga di program Kejar Mimpi Lokal Berdaya.

Firdaus memaklumi UMKM masih terkendala di pembiayaan dan pengelolaan aset dengan bijak. Itu sebabnya, Firdaus memastikan CIMB Niaga dapat menyediakan pembiayaan dan pembinaan bagi UMKM di Solo.

Solo menjadi kota kedua Program Kejar Mimpi Lokal Budaya setelah sebelumnya digelar di Makassar. November 2023 mendatang program akan kembali diadakan di Denpasar, Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya