SOLOPOS.COM - Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 memberi dukungan bagi entrepreneur muda berkarakter yang menciptakan bisnis berkelanjutan (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Babak final Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 menandai tonggak penting dalam ekosistem kewirausahaan. FI+/FUEL, makanan sehat dari Bandung bisnis milik Yoel Tristan, berhasil menyabet kategori Best of the Best ajang tersebut.

Ketua Dewan Komisioner DSC, Surjanto Yasaputera, menjelaskan Tristan yang berhasil meraih kategori Best of The Best mempunyai kualitas pengusaha muda yang berkarakter. Konsep bisnis makanan sehat dengan guilty pleasure, menurutnya selaras dengan kepedulian masyarakat modern terhadap pilihan yang lebih sehat.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Gagasan tentang komposisi makanan sehat sebanyak 75%-80% ditambah sedikit guilty pleasure yaitu ayam goreng yang terdapat di dalamnya benar-benar menjadikan FI+/FUEL menarik dan ditunggu-tunggu di pasar,” papar Surjanto dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (26/1/2024).

Tristan mengaku sudah tujuh kali mengalami kegagalan ketika menjadi seorang entrepreneur. Sehingga ketika mempunyai bisnis FI+/FUEL, besar keinginan untuk belajar pada para mentor yang sudah ahli.

“Saya ingin belajar lebih jauh lagi dengan para mentor, terutama untuk sustainability bisnis saya,” ujarnya.

Diplomat Success Challenge (DSC) season 14
Diplomat Success Challenge (DSC) menjelma dari kompetisi wirausaha menjadi ekosistem kewirausahaan. (Istimewa)

Saat ini, Tristan sedang merumuskan pengembangan bisnisnya terkait hibah dana yang didapatkan untuk FI+/FUEL. Beberapa pilihan sudah dikantongi, namun masih dalam tahap diskusi untuk mematangkannya.

Dewan Komisioner DSC, Helmi Yahya, turut merasa bangga dan mengapresiasi seluruh pemenang DSC Season 14. Tidak hanya ragam bisnis yang sangat bervariasi namun juga terdapat unsur sosial dan berkelanjutan.

“DSC bukan tentang siapa yang menang dan kalah, tetapi yang berhasil mengambil manfaat paling banyak dari berjejaring dan bertemu dengan mentor-mentor hebat,” ujarnya.

Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM), Ronald Walla, menuturkan DSC merupakan bagian dari SDGs (Sustainable Development Goals) Center. Inti dari inisiatif ini adalah programnya harus terstruktur dan terukur.

Hal ini menjadi salah satu key success agar program DSC menjadi ESG (Ecosystem, Social, Government) oriented. “Mulai tahun ini DSC akan lebih fokus pada karakter bangsa, aspek sosial, dan aspek government,” ujarnya.

Dukungan DSC bagi Entrepreneur Muda Berkarakter

Selain Yoel Tristan yang menjadi Best of The Best, challengers lainnya yang menjadi pemenang DSC Season 14 dan mendapatkan hibah dana serta pendampingan usaha adalah Ricardo Petricius (Chipsy Chips/Agridea), Nurdini Prihastiti (Dama Kara), Nathania Tifara (Guru Bumi), Adhyatma Wiradharma (Verus Audio), Septia Erianty (Oganic Lombok), Ria Andriana (Street Sushi), Mirna An Nissa (Primal Surf International).

Kemudian, Danang Satria (Alamme) sebagai Most Promissing Business, dan Hesti Rosa Wulansari (Mebiso.com) sebagai Most Progressive Challenger.

Seluruh pemenang DSC Season 14 memperoleh dana hibah modal usaha, pendampingan selama dua tahun, maupun pengembangan usaha dari berbagai aspek, dengan total Rp2,5 miliar.

Pada DSC Seasons 14 kali ini, para challengers diberikan sesi khusus Bela Negara dari Lemhanas dan Brigade Infanteri 17 di Cijantung, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan tersebut, challengers diberikan pengetahuan mengenai empat manifesto DSC yaitu Karakter Bangsa, Governance, Environment dan Social Culture, yang menjadi bagian penting dalam mewujudkan kecintaan terhadap Indonesia.

Pada tahap Battleround, para challengers juga berkunjung dan berkolaborasi dengan banyak pihak mulai dari industri manufaktur hingga industri hiburan. Mereka terlibat langsung untuk mengetahui proses produksi dari hulu hingga ke hilir.

wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14
Ajang Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 menandai tonggak penting dalam ekosistem kewirausahaan. (Istimewa)

Dalam tahap ini challengers tidak hanya akan belajar tetapi juga memberikan kontribusi nyata untuk pengembangan dan keberlanjutan sebuah bisnis.

Chief Operating Officer NAMA Beauty dan Coach DSC Season 14, M. Jupaka, menggarisbawahi pentingnya pengembangan skill dan kreativitas. Kemajuan zaman mengharuskan para entrepreneur untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai perkembangan bisnis terbaru.

“Dalam dunia bisnis, bertukar informasi dan berkolaborasi adalah sebuah hal penting untuk mengetahui update terbaru mengenai bisnis itu sendiri. DSC mempunyai Diplomat Entrepreneur Network [DEN] yang membantu entrepreneur dalam berjejaring untuk keberlanjutan bisnisnya,” papar Jupaka.

Jumlah Pendaftar Terbanyak Sepanjang Sejarah DSC

Memasuki DSC Season 14, jumlah peserta mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah DSC. Respons yang luar biasa terlihat dari 29.780 proposal yang masuk, menunjukkan antusiasme dan kreativitas calon wirausaha dari berbagai sektor.

“Para challengers mendapatkan banyak bekal untuk menjadi seorang entrepreneur muda dan berdampak positif bagi lingkungan. Karakter 3P [paham, piawai, persona] ditanamkan agar challengers tidak hanya menjalankan bisnisnya, tapi dapat kolaborasi berbagai pihak yang bertujuan sama dalam pengembangan dan pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia,” ujar Edric Chandra selaku Program Initiator DSC.

Saksikan tahap final serta ajang malam penghargaan DSC Season 14 melalui web series DSC 2023 di kanal YouTube resmi Diplomat Sukses yang tayang pada Jumat (26/1/2023) pukul 19.00 WIB, serta di situs diplomatsukses.com. Nantikan juga update penyelenggaraan DSC selanjutnya melalui media sosial kami: @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses.

Tentang Diplomat Success Challenge

Ajang Diplomat Success Challenge (DSC) adalah kompetisi wirausaha yang telah diadakan sejak tahun 2010. Dalam 14 tahun perjalanannya, DSC menjelma menjadi sebuah gerakan (movement) dan ekosistem program terintegrasi serta memiliki visi mendukung Wirausaha Muda Berkarakter yang Ciptakan Bisnis Berkelanjutan.

Di bawah asuhan Wismilak Foundation, DSC yang kini merupakan ekosistem kewirausahaan, memberikan kesempatan kepada kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha untuk memperoleh hibah modal usaha, edukasi, dan pendampingan, mewujudkan dan mengembangkan ide-ide bisnis yang kreatif, bergabung dalam jaringan alumni Diplomat Entrepreneur Network (DEN).



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya