SOLOPOS.COM - Pekerja merapikan tempat tidur di hotel, Solo, Kamis (22/6/2023). Kehadiran Masjid Sheikh Zayed berdampak cukup signifikan pada okupansi beberapa hotel di Solo. Masjid Tersebut menjadi salah satu icon Kota Solo yang mengundang banyak wisatawan untuk menginap di hotel sekitar masjid. (Solopos.com/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO – Solo sejauh ini dikenal sebagai salah satu tujuan wisata. Solo juga banyak menjadi tujuan MICE. Namun begitu dengan perkembangan zaman dan perkembangan pariwisata di berbagai daerah saat ini, destinasi maupun sektor perhotelan dan restoran perlu untuk memperkuat kolaborasi.

General Manager Lorin Solo Hotel, D’wangsa Solo Hotel, dan Syariah Hotel Solo, Heri Haryosa, mengatakan tahun 2023 bisa dibilang sebagai tahun baik untuk dunia pariwisata. Bahkan dia mengatakan secara pertumbuhan, selama 2023, Lorin Group Solo mencatatkan hasil yang lebih baik dibandingkan 2022.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Kalau ditanya bagaimana dengan tahun ini, tentu kami optimistis. Kenapa optimistis? Ya karena pemerintah saja optimistis, maka kita juga harus tetap optimistis. Tinggal bagaimana mencari peluang pasar yang ada,” kata dia, Selasa (30/1/2024).

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan di sektor perhotelan maupun pariwisata secara umum tersebut, menurutnya ke depan pola kolabirasi perlu terus ditingkatkan. Menurutnya jangan pernah ada kompetisi antar hotel jika bisa berkolaborasi.

Menurutnya kompetisi antar hotel akan berpotensi dengan munculnya perang harga dan saling mematikan harga. Jika hal itu terjadi maka yang akan terjadi berikutnya adalah berkurangnya kualitas produk karena harga yang sudah tidak bagus.

“Kalau kualitas sudah menurun, ujungnya pelanggan yang akan kecewa. Kalau pelanggan kecewa di Solo, mereka akan lari ke daerah lain,” kata dia.

Kolaborasi tersebut bisa dilakukan dengan berbagai bentuk salah satunya dengan membuat paket bersama dan lainnya. Dia mengatakan belum lama ini Lorin Solo Hotel juga melakukan kolaborasi dengan hotel lain dalam melayani tamu sebab kebetulan ada tamu grup yang masuk dalam jumlah besar. Dengan begitu kolaborasi dapat dilakukan dengan berbagi kue. Tamu menginap di Lorin Solo, kemudian meeting digelar di hotel lain dengan pola kerja sama.

“Kami kolaborasi. Tamu kami antar ke sana [hotel lain untuk meeting]. Akhirnya mereka [tamu] senang karena diakomodir,” kata dia.

Bukan hanya dengan hotel, kerja sama juga bisa dilakukan dengan rumah makan atau lainnya dengan membuat paket bersama.

Sebelumnya Ketua PHRI Solo, Joko Sutrisno juga menyampaikan perlunya kolaborasi di dunia pariwisata termasuk perhotelan dalam menghadapi perkembangan pariwisata ke depan.

Menurutnya perkembangan wisata saat ini cukup pesat. Sebab biasanya kunjungan wisata akan berbanding lurus dengan tingkat perekonomian masyarakat. Semakin tingki tingkat perekonomian, kesadaran berwisata juga akan meningkat.

“Namun yang perlu kita sadari, bahwa benar-benar kita harus kolaborasi. Kalau ada destinasi baru, biasanya berpikir bahwa itu ada pesaing, kemudian was-was, takut jatuh. Ternyata tidak, dengan adanya hotel baru, destinasi baru itu justru akan menambah okupansi atau tingkat kunjungan,” kata dia.

Dia pun menceritakan mengenai destinasi wisata Waduk Cengklik Park di Kabupaten Boyolali yang dikelolanya, secara keuntungan ikut terdongkrak dengan adanya Masjid Sheikh Zayed di Kota Solo.

“Ada Masjid Sheikh Zayed, wisata saya Waduk Cengklik Park itu justru omzetnya naik 30%. Ini luar biasa,” kata dia.

Dia juga menceritakan pengalamannya membuat paket bersama dengan destinasi wisata lain yang mendapat respons baik dari masyarakat. Artinya kolaborasi tersebut diperlukan, dan tidak memandang destinasi lain sebagai pesaing yang akan menjatuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya