SOLOPOS.COM - Ilustrasi UMKM di Rumah BUMN Rembang. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk mendukung diplomasi ekonomi Indonesia pada Senin (14/8/2023). Salah satu fokus dari nota kesepahaman antara Kemlu dengan Kemenkeu yaitu mendorong UMKM go global.

“Salah satu fokus dari nota kesepahaman ini mengenai UMKM, untuk mendorong UMKM go global,” kata Retno Marsudi saat memberi sambutan, di Kemlu, pada Senin (14/8/2023). Dia menyatakan ada tiga makna dari nota kesepahaman itu.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Pertama, wujud dari Kemlu dan Kemenkeu terhadap urgensi untuk mendukung pemulihan ekonomi dan kebutuhan prioritas nasional. Kedua, sebagai wujud kolaborasi nyata memperkuat diplomasi ekonomi Kemenkeu dan Kemlu agar tidak berjalan secara sendiri-sendiri.

“Yang kedua, ini adalah wujud kolaborasi nyata untuk memperkuat diplomasi ekonomi Kementerian Keuangan dengan kapasitas dan data Kemenkeu, Kementerian Luar negeri memiliki infrastruktur diplomasi dari jejaring luar negeri. Jadi kita tidak berjalan sendiri-sendiri,” ujarnya.

Ketiga, memastikan bahwa diplomasi ekonomi Indonesia bisa berjalan menghasilkan manfaat yang nyata bagi rakyat. “Di tengah situasi global yang sedang tidak baik ini, inilah yang harus kita lakukan,” tambahnya.

Sementara itu, Sri Mulyani mengatakan penandatanganan MoU antara Kemlu dan Kemenkeu menggambarkan upaya dua “bestie” untuk meningkatkan otot dan otak dalam diplomasi Indonesia. “Karena kita semua tahu kalau bekerja bersama kita akan membawa kepentingan Indonesia secara jauh berdampak, ber-power dan berkredibilitas,” ujarnya saat berkunjung ke Kemlu. Dia juga melihat bahwa Kemlu dan Kemenkeu RI memiliki suatu keinginan yang sama dan kerja sama menjadi suatu keniscayaan di berbagai hal.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Menlu Retno dan Menkeu Sri Mulyani Teken MoU Kerja Sana Mendorong UMKM Go Global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya