SOLOPOS.COM - Ilustrasi ikan bandeng. (Dok. Solopos)

Solopos.com, JAKARTA Pemerintah berupaya meningkatkan produksi budi daya ikan bandeng, salah satunya melalui model klaster di Cirebon, Jawa Barat.

“Salah satu lokasi percontohan model klaster dilakukan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat,” ujar Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP), Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Boyun Handoyo dalam keterangan resminya seperti dilansir Antara, Rabu (21/6/2023).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Terpilihnya Cirebon, lanjut Boyun, dikarenakan memiliki potensi budidaya air payau di wilayah ini sangat menjanjikan dengan memiliki panjang pantai yang cukup luas termasuk tambak yang ada. Ia menjelaskan bahwa intervensi model klaster tambak budi daya bandeng yang diberikan berupa sarana dan prasarana produksi, benih dan pakan ikan bandeng, bantuan ini diserahkan langsung oleh Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo sebagai salah satu unit pelaksana teknis DJPB KKP.

Boyun berharap dengan bantuan ini mampu menjadi pendorong bagi pembudidaya ikan bandeng di Cirebon, sehingga kedepannya dapat meningkatkan produktivitas. Lebih lanjut Boyun mengatakan, pihaknya juga telah memberi bantuan berupa bimbingan teknis budidaya bandeng yang baik berdasarkan kaidah kaidah Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), selain itu benih yang diberikan tersebut merupakan benih unggul hasil pembenihan dengan mengikuti prosedur Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB).

KKP turut mendukung pengembangan budi daya dengan pakan alami untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan benih ikan bandeng bisa tumbuh dengan bagus.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Tb Haeru Rahayu mengatakan intervensi KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budi daya untuk budi daya ikan bandeng yaitu meliputi penguatan input produksi seperti dukungan benih dan pakan, dukungan peningkatan kapasitas sarana dan prasarana.

Selain itu, bentuk dukungan lainnya adalah pengelolaan kesehatan ikan dan lingkungan agar dapat berkelanjutan. “Berbekal intervensi tersebut dan peningkatan teknologi, kami menargetkan untuk dapat meningkatkan produktivitas tambak serta berharap ke depan Kabupaten Cirebon menjadi salah satu sentra budidaya ikan bandeng,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya