SOLOPOS.COM - Sharing session terkait Penyaluran KPR Subsidi di Indonesia Tahun 2024 di Jakarta, Senin (25/3/2024). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menilai adanya penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) sangat mendukung capaian Program Sejuta Rumah.

“Salah satu hasil capaian Program Sejuta Rumah (PSR) merupakan hasil penyaluran KPR Subsidi yang dilaksanakan BTN,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, M. Hidayat, saat mengikuti sharing session terkait Penyaluran KPR Subsidi di Indonesia Tahun 2024 di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Menurut Hidayat, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR juga akan terus berupaya melakukan sinergi serta koordinasi dengan para mitra kerja di bidang perumahan di Indonesia seperti pemerintah daerah, pengembang perumahan, perbankan, sektor swasta dan masyarakat dalam pelaksanaan program penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat.

Hal tersebut, lanjutnya, diperlukan karena rumah layak huni merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang mau tidak mau harus dipenuhi serta berdampak pada kehidupan sosial manusia.

“Kami di Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR juga memiliki sejumlah program perumahan seperti rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya melalu penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) maupun pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk rumah bersubsidi,” tambahnya melalui keterangan resmi yang dikutip Kamis (28/4/2024).

Dia berharap Bank BTN juga terus menyalurkan KPR nya untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) guna memiliki rumah bersubsidi dengan harga terjangkau dan angsuran yang tetap.

Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Hirwandi Gafar, menyampaikan Bank BTN siap mendukung penuh Program Sejuta Rumah yang merupakan salah satu Program Strategis Nasional yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 2015.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Bank BTN memiliki komitmen penuh bagi Program Sejuta Rumah dan siap membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di sektor perumahan melalui sejumlah program pembiayaan perumahan yang terjangkau.

Berdasarkan data yang ada, imbuhnya, pencapaian penyaluran KPR subsidi Bank BTN per Desember 2023 lalu sebanyak 167.346 unit terdiri dari KPR Sejahtera dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) BTN sebanyak 161.562 unit dan KPR Tapera BTN sebanyak 5.784 unit.

“Realisasi pencapaian KPR Subsidi Bank BTN dari tahun 1976 hingga 2023 tercatat 4,05 juta unit di seluruh wilayah Indonesia,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Hirwandi Gafar menjelaskan Bank BTN merupakan bank yang benar-benar fokus pada sektor perumahan di Indonesia. Adanya bantuan pembiayaan perumahan berupa KPR bersubsidi diharapkan juga mampu memacu semangat pengembang dan masyarakat untuk memiliki rumah layak huni.

“Adanya pembangunan rumah untuk masyarakat diharapkan juga mampu mewujudkan keluarga yang bahagia, sehat dan memiliki harapan baru karena hidup gak cuma tentang hari ini tapi juga menatap masa depan,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur RUK, Fitrah Nur, Direktur Rumah Swadaya, Salahuddin Rasyidi dan Direktur Rusun, Aswin Grandiarto Sukahar serta perwakilan dari unit kerja di lingkungan Ditjen Perumahan mengikuti kegiatan

Sedangkan perwakilan dari BTN yang hadir antara lain Kepala Divisi SMD, Budi Permana, Kepala Divisi SHAD, Abdul Firman, Stakeholder Relations Department Head PT. BTN (Persero) Tbk, Umi Hardinajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya