SOLOPOS.COM - Tim PLN sigap menangani gangguan jaringan listrik akibat angin kencang di Pantura dan DIY, Jumat (23/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–PLN berhasil memulihkan aliran listrik setelah terjadi gangguan akibat angin kencang disertai hujan yang terjadi di wilayah pantura jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cuaca ekstrem tersebut terjadi mulai dari Semarang, Kudus, Jepara, Pati, Rembang, dan merata di beberapa kabupaten/ kota di Provinsi DIY pada Jumat (23/12/2022) siang. Akibat peristiwa itu sejumlah baliho dan pohon tumbang menimpa jaringan PLN.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Senior Manager Komunikasi dan Umum, Ahmad Mustaqir, menyampaikan bahwa PLN berkomitmen untuk terus menjaga keberlangsungan suplai listrik pelanggan dengan mengerahkan personel PLN, termasuk di dalamnya tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan fasilitas pendukung lainnya seperti mobil crane yang tersebar di seluruh unit.

Bantuan juga diterjunkan dari unit PLN di sekitar wilayah terdampak seperti PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Klaten dan Sukoharjo.

“Alhamdulillah pelanggan terdampak di wilayah Semarang, Pantura, dan DIY lainnya sudah kembali menikmati aliran listrik, kami ucapkan terima kasih atas kesabarannya.” jelas Ahmad.

Baca Juga: YBM PLN UP3 Sukoharjo Gandeng Solo Peduli Gelar Khitanan Massal Gratis

Ahmad menambahkan bahwa penormalan dilakukan dengan memperhatikan keselamatan masyarakat dan memastikan semua dalam kondisi aman.

“Dalam penormalan aliran listrik kami tetap mengutamakan keselamatan dan kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan bantuan dari Polri, BPBD, Dinas terkait, dan masyarakat setempat sehingga proses penormalan aliran listrik berjalan lancar dan lebih cepat,” tambah dia.

Sebelumnya, cuaca ekstrem menyebabkan pohon tumbang, baliho roboh, dan kerusakan aset jaringan PLN di sejumlah lokasi.

Baca Juga: PLN: Mangkunegaran Jadi Cagar Budaya Pertama Gunakan Listrik EBT via REC PLN

Hal tersebut mengakibatkan sebanyak 8.767 gardu distribusi yang menyalurkan listrik ke sekitar 592.000 pelanggan di wilayah kerja PLN UP3 Semarang, PLN UP3 Kudus, dan PLN UP3 Yogyakarta mengalami gangguan.

“Kami mengimbau juga apabila masyarakat ingin menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan kelistrikan atau ingin mengetahui informasi lain terkait kelistrikan dapat melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center 123,” jelas Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya