SOLOPOS.COM - PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP atau WMP) konsisten memberikan jaminan kualitas terbaik bagi para konsumen yang dapat ditelusuri dari hulu hingga ke hilir. (Istimewa/WMPP)

Solopos.com, SOLO — PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP atau WMP) melalui anak usahanya PT Pasir Tengah dan PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU atau WMU) menerapkan kemamputelusuran hingga ke RPH (Rumah Potong Hewan) untuk ternak sapi (Traceability to the Abattoir), dan ke konsumen untuk ternak unggas (Traceability to the Customers).

Melalui langkah ini, WMPP dapat memberikan jaminan kualitas terbaik bagi para konsumen yang dapat ditelusuri dari hulu hingga ke hilir.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Mengingat saat ini para konsumen memberikan perhatian serius terhadap produk pertanian dan peternakan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga dapat dipertanggungjawabkan, misalnya memberikan perlakuan yang layak kepada hewan ternak.

Untuk menjawab tantangan itulah para pelaku industri pertanian dan peternakan, termasuk PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP atau WMP) menerapkan praktik traceability untuk setiap produk yang dihasilkan.

“Secara sederhana kemamputelusuran (traceability) adalah aktivitas penelusuran dan pencatatan yang dilakukan terhadap pergerakan produk dalam sebuah rantai proses. Hal ini menjadi penting karena terkait dengan nilai tambah sebuah produk dan jaminan keamanan ketika dikonsumsi oleh para konsumen,” ujar Manager Rumah Potong Ayam (RPA) PT Widodo Makmur Unggas Tbk, Ifnu Wardhana dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga:  Menjamin Kualitas Produk, WMPP Terapkan Kemamputelusuran hingga ke RPH

Secara umum, baik ternak sapi maupun unggas, WMPP mendapatkan banyak manfaat dari implementasi kemamputelusuran (traceability) yang dilakukan seperti:

1. Memastikan semua produk unggas dan sapi aman dan sehat untuk dikonsumsi, sesuai dengan standar sertifikasi yang telah ditentukan, termasuk BEBAS Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) maupun flu burung.

2. Mempercepat proses mitigasi jika terdapat hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya kerusakan produk, dan lainnya.

3. Mencegah pembengkakan biaya operasional yang tidak perlu, jika terjadi suatu insiden terhadap produk daging sapi atau unggas.

4. Menjaga kepercayaan customer yang akan berdampak pada keberlangsungan bisnis Perusahaan.

5. Memperlakukan ternak sapi dan unggas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, sehingga menekan angka penyiksaan terhadap hewan ternak.

6. Jaminan akurasi data yang tinggi karena data diambil dan diolah secara digital.

7. Meningkatkan efisiensi waktu dan tempat, serta mempercepat proses pengambilan keputusan karena data detail diambil serta diolah secara digital.

8. Meningkatkan tingkat keamanan pekerja dan menurunkan stres sapi karena tidak ada kontak langsung secara fisik antara pekerja dengan sapi.

Baca Juga: Hadapi Potensi Resesi Global, Widodo Makmur Turut Mendorong UMKM Naik Kelas

Untuk memastikan kemamputelusuran diterapkan secara konsisten, secara internal Perusahaan juga melakukan refreshment setiap tahun.

PT Widodo Makmur Unggas Tbk misalnya, melakukan simulasi traceability minimal 1 tahun sekali dan telah tertuang dalam SOP Perusahaan. Karyawan terkait wajib memiliki kemampuan kemamputelusuran hingga 100% dalam kurun waktu kurang dari 2 jam. Jika standar tersebut tidak tercapai, maka simulasi dinyatakan gagal, dan harus dilakukan ulang.

Itulah sekilas manfaat dan pentingnya kemamputelusuran (traceability) di industri peternakan. Untuk mendorong produk-produk peternakan yang traceable, tentu Perusahaan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Dukungan tersebut dapat diberikan misalnya hanya membeli produk-produk dari Perusahaan yang telah memiliki sertifikasi keamanan pangan berstandar nasional atau internasional, serta berkomitmen terhadap praktik kemamputelusuran (traceability). PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMP) adalah salah satu Perusahaan ternak sapi dan unggas terkemuka yang dapat menjadi mitra pilihan masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya