SOLOPOS.COM - Go Transit. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Grup GoTo lewat layanan Gojek meresmikan kerja sama operasional bersama KAI Commuter (PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI) bernama GoTransit

Program tersebut bertujuan mendorong kemudahan mobilitas masyarakat dan wisatawan di Solo dan Jogja.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Peresmian dilakukan di Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (23/2/2023), dengan dihadiri manajemen Gojek dan KAI Commuter, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan pemerintah daerah Jawa Tengah dan Solo.

GoTransit diklaim sudah diterima oleh masyarakat Jabodetabek dengan baik. Sejak diresmikan Juni 2022 lalu, GoTransit jadi pilihan utama penjualan tiket secara digital dengan pangsa pasar sebesar 74% pada September 2022.

Penetrasi penggunaan tiket digital juga diklaim berhasil didorong oleh GoTransit sehingga penjualan tiket digital KCI meningkat 3 kali lipat akhir tahun 2022.

Direktur Utama KAI Commuter, Suryawan Putra Hia, mengatakan perilaku pengguna commuter semakin menginginkan layanan yang mudah dan nyaman dalam menggunakan commuterline seiring transformasi digital yang sudah berjalan di KAI Commuter. Kerja sama pun diperluas dengan Gojek di Wilayah 6 Yogyakarta guna memudahkan pengguna Commuterline Solo-Jogja dan Prambanan Ekspress Jogja-Kutoarjo.

Suryawan berharap lewat GoTransit bisa membawa masyarakat dan wisatawan daerah Solo dan Yogyakarta untuk terus menggunakan transportasi publik, khususnya kereta commuterline.

“Commuterline lebih efisien dari segi waktu dengan terbebas dari kemacetan dan efisien dari segi biaya, karena harga tiket yang lebih terjangkau. Dengan kolaborasi antara pelayanan commuterline dan layanan Gojek ini harapannya mobilitas masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta lebih mudah lagi,” ujar Suryawan.

Data KAI Commuter menunjukkan sepanjang tahun 2022 total jumlah pengguna Commuterline Solo-Jogja dan kereta lokal Prambanan Ekspress mencapai 4,4 juta penumpang, yang menunjukkan commuterline menjadi pilihan utama masyarakat maupun wisatawan dalam melakukan mobilitas.

Pengguna harian tertinggi mencapai 28.000 orang lebih pada Oktober 2022.

Per 27 Februari 2023, Gojek menyediakan penawaran khusus berupa kesempatan diskon 30% voucher layanan GoRide maksimal Rp5.000 dari menuju stasiun-stasiun wilayah Solo-Jogja.

Syaratnya adalah pelanggan membeli dan bertransaksi tiket Commuterline lewat fitur GoTransit. Ketentuan lengkap dan periode penawaran khusus bisa dicek secara berkala pada menu Mission di aplikasi Gojek.

Pariwisata Kota

Kerja sama diharapkan menjadi momentum pendorong kemudahan mobilitas masyarakat dan akses pariwisata dua wilayah lewat layanan transportasi multimoda yang terintegrasi, nyaman, dan efisien.

GoTransit sebelumnya sudah berjalan di Jabodetabek dengan lebih dari 9 kota dan kabupaten di Jawa Tengah dan DIY. Kemudahan yang ditawarkan GoTransit salah satunya adalah pembelian tiket transportasi cukup lewat 1 aplikasi.

Direktur Utama GoTo, Andre Soelistyo, menyampaikan jika GoTransit menjadi salah satu produk ekosistem yang bisa mendukung pertumbuhan jangka panjang grup GoTo terutama dalam menarik konsumen baru yang mencari layanan mobilitas lengkap.

“Ekspansi GoTransit menjadi wujud pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi (ecosystem product growth) untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang yang berkesinambungan, di mana Grup GoTo tengah berupaya mempercepat target profitabilitas dengan EBITDA yang disesuaikan menjadi positif di kuartal 4 tahun 2023 ini,” tambah Andre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya