SOLOPOS.COM - Tangkap layar forum Diskusi Sektor Transportasi yang digelar oleh Institut Studi Transportasi (Instran) secara daring, Selasa (11/7/2023), (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno, menilai Kota Solo adalah kota yang menyediakan sarana transportasi umum dengan baik.

Ia menyebut, jumlah armada bus dan feeder sudah cukup untuk melayani masyarakat Solo.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dalam acara Forum Diskusi Sektor Transportasi dengan tema Mendorong Peran Pemerintah Daerah Dalam Percepatan Penyelenggaraan Sistem Angkutan Massal Perkotaan Berbasis Jalan yang digelar oleh Institut Studi Transportasi (Instran) secara daring, Selasa (11/7/2023), Djoko menyebut beberapa keunggulan Batik Solo Trans (BST) sebagai moda transportasi umum.

“BST di Solo punya total enam koridor dengan 116 armada bus sedang dan besar, angkutan feeder ada 111 mobil penumpang umum, dengan jarak koridor 126,9 km yang sudah beroperasi sejak 2020. BST ini sudah sangat melayani warga Solo sebagai transportasi umum,” ujarnya.

Ia menambahkan, keunggulan BST adalah adanya Public Transport Informtion System (PTIS) di halte, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Djoko juga mengatakan integerasi BST dengan Trans Jateng dan KRL Jogja-Solo sebagai keunggulan lainnya.

“Bisa dilihat di halte BST, sudah ada PTIS jadi semua penumpang bisa melihat rute ataupun angkutan BST yang datang ke halte di setiap koridor. Selain itu, ada integerasi dengan Bus Trans Jateng dan KRL Jogja-Solo, sehingga memudahkan perpindahan penumpang dari luar Solo untuk jalan-jalan,” ucapnya.

Terpisah, Kepala PT Bengawan Solo Trans selaku operator BST, Mulyadi, saat dihubungi Solopos.com mengatakan, saat ini memang sudah ada integrasi dengan KRL, namun masih belum optimal.

Ia mengatakan, saat ini aplikasi Teman Bus juga masih memiliki beberapa masalah.

“Untuk integrasi sesama BST yang 90 menit kepotong sekali saja aplikasinya belum sempurna. Juga yang pelajar di aplikasi kadang masih kepotong 3.700, pdhal sharusnya 2.000. Sedangkan dari BST ke KRL belum ada sejauh ini,” ujarnya.

Saat ini BST beroperasi mulai pukul 05.00 WIB – pukul 21.00 WIB, dengan enam koridor.

Koridor 1 Bandara Adi Soemarmo – Terminal Palur PP, Koridor 2 Sub Terminal Kerten – Terminal Palur PP, Koridor 3 Terminal Kartasura – Tugu Cembengan, Koridor 4 Terminal Kartasura – Terminal Palur PP, Koridor 5 Terminal Kartasura – Pasar Bekonang PP dan Koridor 6 Terminal Tirtonadi – Solo Baru PP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya