SOLOPOS.COM - Harta kekayaan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo)Johnny G Plate disebut mencapai ratusan miliar rupiah. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Mungkin ada yang penasaran atau ingin tahu berapa harta kekayaan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate.

Seperti diketahui Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa Menkominfo) Johnny G Plate sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Base Transceiver Station atau BTS Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo tahun 2020-2022.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Lantas berapa kekayaan Johnny G Plate saat ini?

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejagung, Kuntadi mengatakan bahwa gelar perkara segera dilakukan setelah pemeriksaan kepada Menkominfo Johnny G Plate.

“Dan selanjutnya kami akan melakukan gelar perkara dalam waktu yang secepat-cepatnya untuk menentukan sikap,” kata Kuntadi di Kejagung, Rabu (15/3/2023) seperti dilansir Bisnis.

Kuntadi juga menambahkan gelar perkara nantinya mencakup keseluruhan perkara dari kasus BTS Kominfo. Tidak sampai situ, Kuntadi menuturkan bahwa gelar perkara nantinya juga termasuk mengetahui posisi Johnny Plate (JP) dalam kasus ini.

“Untuk gelar perkara tentunya gelar perkara untuk perkara keseluruhan, tapi tentunya sekaligus di dalamnya termasuk juga terkait dengan posisi JP,” tuturnya.

Lebih lanjut, pihak Kejagung juga sudah mengecek beberapa lokasi dari tower BTS ini dan hasilnya sebagian besar tidak sesuai dengan apa yang dilaporkan secara resmi kepada Kejagung. Kuntadi membeberkan beberapa lokasi yang pihak Kejagung melakukan pengecekan diantaranya, ada Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Maluku, Sulawesi, dan ada beberapa daerah lainnya. Adapun dalam pemeriksaan hari ini pihak Kejagung menanyakan 26 pertanyaan kepada Johnny G Plate terkait BTS Kominfo.

Terlepas dari itu, pria dengan nama lengkap Johnny Gerard Plate ini telah menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia sejak 2019. Sebagai seorang pejabat negara, dia berkewajiban untuk melaporkan jumlah harta kekayaan yang dimiliki.

Mantan anggota DPRdari Partai Nasdem tersebut tercatat memiliki kekayaan senilai Rp191,2 miliar. Hal ini diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya yang disampaikan pada 16 Maret 2022 untuk periodik 2021.

Berdasarkan laporan tersebut, didapati bahwa sebagian besar harta kekayaan Johnny G Plate ini berupa tanah dan bangunan. Dirinya tercatat memiliki 48 aset tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp141.463.603.886.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan aset tanah dan bangunan yang dimiliki Johnny G Plate itu tersebar di Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Manggarai, dan yang paling banyak berada di Cilegon.

Selain itu, harta kekayaan Johnny G Plate lainnnya berupa kendaraan berupa 2 unit mobil dengan total nilai mencapai Rp 460 juta. Kendaraan yang dimilikinya berupa mobil Toyota Alphard Minibus tahun 2013 senilai Rp 320 juta, dan mobil Mitsubishi Colt Truck tahun 2013 senilai Rp140 juta.

Kemudian, kekayaan Johnny G Plate juga berupa harta bergerak lainnya yang dimiliki Plate senilai Rp3,61 miliar, surat berharga Rp4,11 miliar, serta kas dan setara kas Rp51,39 miliar.

Selain itu Johnny G Plate juga tercatat memiliki utang senilai Rp10,35 miliar. Dengan begitu total kekayaan yang dimiliki oleh Menkominfo Johnny G Plate sebesar Rp191.236.409.092 (Rp191,2 miliar).

Itulah ulasan tentang harta kekayaan yang dimiliki Johnny G Plate berdasarkan LHKPN yang dilaporkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya