SOLOPOS.COM - Peserta lomba PT Solo Murni hidangkan soto sebagai bagian dari lomba memperingati HUT RI ke-78, Kamis. (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, BOYOLALI — Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Tengah mengadakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia bersamaan dengan berbagai kegiatan perlombaan di PT Solo Murni (Kiky Creative Product), Kamis (17/8/2023).

Kegiatan tersebut diadakan di area pabrik PT Solo Murni Jalan Raya Solo Semarang KM 14, Bangak, Batan, Banyudono, Kabupaten Boyolali dengan mengajak 250 pekerja PT Solo Murni dari berbagai divisi.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Ketua SPSI Jawa Tengah sekaligus panitia acara, Wahyu Rahadi mengatakan perayaan HUT ke-78 RI bersama PT Solo Murni bertujuan agar serikat pekerja tetap membumi dan dekat dengan para pekerja.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga diharapkan bisa membuat semakin banyak pekerja PT Solo Murni bergabung dengan serikat pekerja.

Wahyu menyebutkan, saat ini hanya ada 75% pegawai PT Solo Murni yang ikut dalam serikat pekerja. Menurutnya di saat banyak pabrik menambah karyawan muda, sudah saatnya serikat pekerja juga mendekat agar para karyawan baru segera terhimpun di dalamnya.

“Untuk lomba-lomba ini kami lepas gender, karena kalau mengadakan lomba olahraga yang perempuan tentu kalah. Itu sebabnya kami mengambil konsep hiburan rakyat agar pegawai juga bisa terhibur,” papar Wahyu saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara, Kamis.

Wahyu menjelaskan, sejak pasca-pandemi Covid-19 pegawai PT Solo Murni belum sempat mengadakan acara ataupun hiburan sejenis.

Lomba terdiri dari lomba menyanyi, joget, dan memasak soto. Menurut Wahyu, lomba memasak soto bisa menjadi pengingat jika Boyolali memiliki budaya masak memasak dengan hidangan khas.

Lomba masak soto juga menjadi cara seluruh peserta dapat menikmati hidangan yang dimasak bersama. Wahyu mengatakan ada total 18 kelompok lomba masak soto yang harus memasak 20 porsi soto.

Porsi sebanyak itu akan dibagikan bagi peserta lomba dan pegawai PT Solo Murni yang hadir dalam acara Kamis tersebut.

Presiden Direktur PT Solo Murni, Sinyo Haryanto, turut hadir dalam acara tersebut. Kepada Solopos.com, Sinyo berharap acara lomba HUT RI tersebut dapat meningkatkan etos kerja, produktivitas dan kualitas kinerja pegawainya.

“Upacara hari ini untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, saya lihat lomba-lombanya juga menyenangkan dan yang hadir baru perwakilan, kalau semua pegawai ikut tempatnya tidak cukup,” ujar Sinyo sembari tertawa.

Sinyo menyebutkan saat ini PT Solo Murni memiliki total 5000 karyawan. Menurutnya perlu ada upaya untuk terus menjaga hubungan karyawan dan atasan sehingga keberhasilan dan kesejahteraan semua pihak tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya