SOLOPOS.COM - Rombongan PT Jogjasolo Marga Makmur melintasi jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023). PT (Antara/Aloysius Jarot Nugroho).

Solopos.com, SOLO —  Berdasarkan data yang dihimpun petugas yang berjaga di Tol Fungsional Kartasura-Boyolali, hingga pukul 15.00 WIB tercatat 2.886 mobil melewati Tol Fungsional Kartasura-Boyolali. Rata-rata per jam sekitar 300-400 mobil melewati tol fungsional tersebut.

Sementara, kepadatan lalu lintas mulai terlihat di depan Gerbang Tol Ngasem, Boyolali. Pemudik mayoritas menggunakan mobil pribadi dan nyaris tidak ditemui truk angkutan ataupun bus.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Berdasarkan pantauan Tim Ekspedisi Mudik Solopos, Rabu (19/4/2023), kepadatan pemudik terjadi sejak pagi hari. Meskipun demikian, lalu lintas relatif masih lancar dengan bantuan petugas.

Kepadatan juga terlihat di pintu keluar Jalan Tol Ngasem. Pemudik rata-rata melanjutkan perjalanan menuju Tol Fungsional Kartasura-Boyolali. Sedangkan di pintu masuk Jalan Tol Ngasem relatif lengang.

Ekspedisi Mudik 2023 merupakan program kolaborasi Solopos Media Group dengan ASDP Indonesia Ferry, Pertamina Patra Niaga, PT KAI, Nasmoco, dan Oleh-oleh Khas Solo Era Jaya.

Jadwal Tol Fungsional Solo-Jogja

Sebelumnya diinformasikan, tol fungsional Solo-Jogja sepanjang enam kilometer mulai dari Exit Tol Colomadu hingga Kateguhan, Sawit Boyolali, resmi dibuka pada Sabtu (15/4/2023) pagi.

Tol fungsional Solo-Jogja ini hanya dibuka dari pagi hingga sore, tepatnya dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Direktur Keuangan dan Umum PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Yhanni Haryanto, mengatakan jam operasional tol fungsional Solo-Jogja dimulai pada pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Namun, ia menjelaskan bisa terjadi buka tutup jalur tergantung kepadatan. Keputusan tersebut, jelas Yhanni, akan berkoordinasi dengan kepolisian.

Selama penggunaan tol fungsional Solo-Jogja, ia menjelaskan tidak ada aktivitas pembangunan di malam harinya. Ia juga menjelaskan pengguna tol fungsional Solo-Jogja juga tidak dikenakan biaya. “Kendaraan yang boleh masuk golongan I, nonbus,” kata dia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, beberapa kendaraan alat berat masih terlihat di pinggir lokasi akan tetapi tidak bekerja. Lewat jalur tol fungsional pada cuaca cerah, pelintas juga akan dimanjakan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu di sebelah kanan.

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, mengungkapkan dengan dibukanya tol fungsional Solo-Jogja dapat membantu mengurai kemacetan di kawasan Kartasura, Sukoharjo.

“Nanti keamanannya dari Polres Boyolali sudah kami buatkan berupa pos pelayanan yang berada di daerah exit Sawit, di Sanggung,” ujarnya kepada wartawan di Exit Tol Colomadu, Sabtu.

Ia mengatakan Polres Boyolali telah menyiapkan personel untuk membantu kelancaran arus mudik. Lebih lanjut, Kapolres mengatakan jalan setelah Exit Sawit di Kateguhan ke Sanggung akan dibuat searah. Sehingga, bagi masyarakat dari arah Sanggung menuju Kateguhan dapat melewati jalan Cepokosawit.

Petrus juga memprediksi per harinya akan ada lebih dari 1.000 kendaraan yang melewati jalan tol fungsional Solo-Jogja. “Kalau kami menghitungnya itu bisa 1.0000 bahkan lebih, tapi kami tidak bisa pastikan. Berapapun jumlah pemudik, kami siap,” kata dia.

Selanjutnya, Kapolres mengimbau masyarakat yang melaksanakan mudik untuk mempersiapkan diri dengan baik. “Supaya bisa mudik dengan aman, aman terhadap dirinya dan aman bagi pihak-pihak yang menggunakan jalan raya maupun tol,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Umum PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Yhanni Haryanto, memastikan jika jalur fungsional sepanjang enam kilometer tersebut juga dapat dilalui oleh masyarakat di sekitar jalan tol.

Ia juga mengungkapkan akan ada tangki yang rutin menyemprotkan air ke jalan untuk mencegah jalanan yang berdebu. Delapan kendaraan juga disiagakan di dalam tol fungsional seperti mobil derek, ambulans, rescue, PJR, dan lain-lain.

Ekspedisi Mudik 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya