SOLOPOS.COM - Suasana street art market dalam acara Solo di Waktu Malam, di Jl. Gatot Subroto, Kota Solo, pada Selasa (2/5/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Sejak empat bulan lalu, tepatnya 31 Desember 2023, Solo memiliki sudut pasar seni baru berkonsep street art market di kawasan Gatot Subroto (Gatsu) dan Ngarsopuro. 

Pasar seni yang selalu riuh dengan pengunjung anak muda tersebut digelar setiap Sabtu malam oleh komunitas Solo is Solo di kawasan koridor Jl. Gatot Subroto atau Gatsu-Ngarsopuro, Solo.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Selain itu, setiap dua pekan sekali diadakan Solo Art Market yang digelar di jalan pedestrian Jl. Diponegoro, Ngarsapura, Solo.

Wilayah tersebut kini telah bertransformasi dan diproyeksikan menjadi ikon wisata yang memadukan unsur seni dan budaya yang menarik bagi warga.

Berikut kegiatan hingga lapan jualan yang turut meramaikan ruang seni baru di Solo itu:

1. Pentas seni

Solo is Solo menggelar acara Solo di Waktu Malam setiap Sabtu malam. Diisi beragam penampilan dari seniman, seperti musik, dance, dan lain-lain.

Program tersebut telah dilaksankan sejak empat bulan lalu, mulai 31 Desember 2022, bahkan ada edisi khusus pada Selasa (2/5/2023) malam karena melihat kesuksesan acara pada pekan sebelumnya.

2. Lapak seniman jualan

Setidaknya saat ini ada 50 lapak seniman yang memeriahkan street art market atau pasar seni Solo.

Para kreator tersebut menjual aneka ragam bentuk karya seni, misalnya body painting, face painting, aneka craft atau kerajinan tangan handmade.

Omzet secara keseluruhan para seniman bisa mencapai Rp20 juta dengan rata-rata tiap lapak mendapatkan omzet minimal Rp300.000 per malam.

3. Pamer karya

Poin utama dari street art market adalah pameran. Para kreator atau seniman bisa memamerkan kreasi mereka di ruang publik, karena biasanya para kreator tersebut hanya mempromosikan karya mereka lewat media sosial.

Kreator bisa juga melakukan demo pembuatan karya secara langsung di lokasi pameran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya