SOLOPOS.COM - ilustrasi toko online (Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO – Para pedagang atau seller yang membuka toko online atau berjualan di Shopee Indonesia mengeluhkan kenaikan biaya administrasi dari marketplace itu. Berikut ulasan tentang kenaikan biaya administrasi penjual Shopee.

Salah satu keluhan disampaikan melalui media sosial salah satunya Twitter. Akun @aaamiw dengan nama akun JUAL SEPATU ORI pada Minggu (1/1/2023) menulis cuitan disertai tangkapan layar pemberitahuan Shopee terkait kenaikan biaya administrasi dasar dengan isi cuitan: Awali tahun baru dengan notifikasi biaya admin shopee seller naik lagi ???

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Selanjutnya keluhan lainnya disampaikan oleh akun @meowgeecian pada Rabu (3/1/2023).

#Shopee malaknya kebangetan… Biaya admin star seller tambah parah. Masak ane kena hampir 5%. Ga dapet untung malah buntung skrg. Kira² dong, penjual kcil²an yg notabene cuma reseller ya jadi susah. Lama² dtinggal para seller lu. #biayaadminshopee #shopeemakinmahal #shopeemalak

Cuitan disertai tangkapan layar pemberitahuan dari Shopee terkait kenaikan biaya administrasi dasar.

Dilansir dari artikel resmi Shopee di https://seller.shopee.co.id/edu/article/7187, biaya administrasi dibagi menjadi 3 kelompok yaitu untuk penjual Non-Star, Star Seller, dan Shopee Mall.

Biaya administrasi Non-Star

Biaya administrasi Non-Star dikenakan kepada penjual yang sudah menyelesaikan lebih dari 50 total pesanan terselesaikan sejak bergabung di Shopee dan tidak tergabung dalam program Star/Star+ atau Shopee Mall. Para penjual kelompok ini dikenai biaya administrasi dengan rumusan:

(Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 4,0%/3,2%/2,8%.

Faktor pengali 4,0% dikenakan untuk produk kategori grup A meliputi fashion, elektronik (kelistrikan), kebutuhan sehari-hari, aksesoris ponsel, olahraga dan outdoor, buku & alat tulis, hobi & koleksi, otomotif, tiket, voucher, & layanan.

Faktor pengali 3,2% untuk produk kategori grup B & C antara lain di grup B elektronik (peralatan elektronik, media player, konsol game, kamera, dan peralatan komputer, serta otomotif, sedangkan grup C meliputi alat elektro, tambahan elektronik, dan aksesoris ponsel, barang kebutuhan sehari-hari (kesehatan, makanan & minuman ibu dan bayi), hewan peliharaan, hobi dan koleksi, aksesoris komputer, dan barang lainnya seperti aksesoris konsol, video game, kamera & drone, serta perlengkapan rumah.

Faktor pengali 2,8% diberikan untuk produk kategori grup D & E antara lain di grup D aksesoris fashion (logam mulia dan perhiasan berharga), elektronik meliputi proyektor & layar proyektor, mesin jahit, setrika dan mesin uap, purifier, humidifier, penyedot debu, peralatan pembersih lantai, mesin cuci, AC, dispenser, pemanas air, DSLR, perlengkapan drone, PC desktop, PC mini, server PC, all-in-one desktop, laptop, dan lain-lain.

Grup E meliputi alat elektronik yang belum termasuk di grup sebelumnya, makanan kering (mie, beras, pasta, bahan pokok, acar sayuran, minyak, bumbu masak, gula, pemanis, kaldu, saus dan sup instan, tepung bumbu, penyedap kue, baking powder dan soda kue tepung premix instan, pewarna makanan, bahan dekorasi kue, madu, selai, sereal, granola & oat, telur, seafood, daging vegetarian, makanan segar dan beku, sayuran, buah-buahan, jamur, dan daging beku, susu formula, bubur atau sereal bayi, camilan bayi, vitamin dan suplemen bayi, aksesoris flash, drone, aksesoris drone, sealer, komputer dan aksesorisnya yang belum termasuk dalam grup sebelumnya.

Biaya administrasi Non-Star efektif diberlakukan jika per hari Rabu pukul 00:00 WIB penjual sudah mencapai minimal 50 pesanan terselesaikan di setiap pekan. Biaya administrasi kemudian berlaku mulai hari Jumat pukul 00:00 WIB di minggu tersebut.

Biaya ini berlaku juga untuk penjual Star/Star+ yang sudah mencapai minimal 50 pesanan dan tidak tergabung dalam program Star/Star+ pada Senin setiap pekannya.

Biaya administrasi Star/Star+

Biaya administrasi final yang dikenakan ke Penjual Star & Star+ adalah sebesar 4,7% (diskon 20% dari biaya administrasi sebesar 5,88%)/4,0%/3,3%.

Perhitungan Biaya Administrasi Final Program Star & Star+ yaitu:

(Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 4,7%/4,0%/3,3%.

Produk grup A dibebani biaya administrasi 4,7%, grup B & C 4%, kemudian grup D & E 3,3%.

Biaya administrasi Shopee Mall

Biaya Administrasi Final Shopee Mall = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung oleh Penjual Shopee Mall) x % Biaya Administrasi Final*

Presentase biaya administrasi final antara lain 2,5%, 4,5%, atau 6,5% sesuai kategori produk. Mobil, sepeda motor, popok, logam mulia, desktop, laptop, peralatan kantor, perangkat dapur dan peralatan listrik besar, kebutuhan memasak, suplemen makanan, alat medis, kompor, dispenser, handphone, konsol game, e-money, buku dan alat tulis, kamera, dikenai 2,5%.

Produk kesehatan bayi, perawatan rambut dan sabun mandi, tisu, mouse pad, keyboard & mouse, baterai, vaporizer, perawatan mata, kesehatan perawatan telinga, kursi taman, penerangan, USB, baterai, powerbank, aksesoris hewan peliharaan, makanan hewan, tiket event, belanja, listrik, gas & air, kalkulator, kertas, alat kantor, earphone, amplifier, headphone & headset, mikrofon dikenai biaya administrasi 4,5%.



Sisanya seperti fashion wanita dan pria, aksesoris dan pakaian olahraga dikenai biaya administrasi 6,5%.

Perlu dicatat biaya administrasi final Shopee Mall adalah 1,8% dan sudah termasuk PPN 11% untuk toko berbentuk perseroan/badan (PT) maupun individu. PPh 23 tidak dikenakan lagi kepada penjual Shopee Mall.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya