SOLOPOS.COM - Sebuah kapal tunda mendorong Kapal Motor (KM) Awu asal Kumai, Kalteng yang mengangkut 1.056 penumpang untuk bersandar di dermaga Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/4/2022). (Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, JAKARTA – Pembangunan Pelabuhan Patimbang di Subang, Jawa Barat telah masuk tahap 1-2, yang meliputi pembangunan terminal peti kemas.

Proyek tersebut terus dikebut penyelesaiannya. Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Arif Toha, mengatakan pembangunan tahap 1-2 Pelabuhan Patimban ditargetkan akan mulai pada tahun ini.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Dia mengatakan saat ini pinjaman (loan) untuk pembangunan sudah hampir disetujui, meski jumlahnya tidak spesifik diinformasikan.

“[Pembangunan pelabuhan] Patimban berlanjut. Loan-nya juga sudah hampir ditandatangani untuk tahap 2, itu untuk perluasan terminal dan peti kemasnya,” kata Arif saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Pelabuhan Semarang Dulu di Bukit Simongan, Dekat Kelenteng Sam Po Kong

Kemenhub sebelumnya menyampaikan, pembangunan tahap 1-2 yang akan dilakukan mencakup terminal peti kemas berkapasitas hingga 3,5 juta TEUs, serta terminal kendaraan dengan kapasitas total sampai dengan 600.000 kendaraan completely built-up (CBU), serta terminal kapal Ro-Ro.

Pemerintah berharap agar ke depan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat bisa melengkapi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pelabuhan tersebut ditargetkan bisa menampung kapasitas sebanyak 7,5 juta TEUs setiap tahunnya untuk peti kemas, dan 600.000 kendaraan CBU.

“Priok dan Patimban adalah complementary karena Priok yang di Jakarta aksesnya terbatas, dan memengaruhi biaya logistik. Maka, kita berikan jalan keluar terutama bagi industri sekitar Jawa Barat, Cikarang, aksesnya lebih gampang ke Patimban,” jelas dia.

Baca Juga: Reaktivasi Jalur KA Semarang Tawang-Pelabuhan Tanjung Emas Dilanjutkan

Disebutkan Pelabuhan Patimbang telah aktif melayani pelayanan terminal untuk sekitar 160.000 unit kendaraan pada tahun ini.

Tidak hanya itu, kegiatan ekspor sudah beberapa kali dilakukan dari Pelabuhan Patimbang dengan tujuan ke Pelabuhan Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Singapura, dan Jepang.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ini Progres Proyek Pelabuhan Patimban Tahap 1-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya