SOLOPOS.COM - Pengunjung padati lokasi stand makanan dan minuman dalam Solo Leading Industry Expo, Sabtu (2/9/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — Pameran yang bertujuan mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan dunia usaha bagi kelompok usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM), pariwisata, investasi dan industri kecil menengah Solo Leading Industry Expo 2023 kembali digelar di Atrium Solo Square Mall, Jumat – Minggu (1-3/9/2023).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu (2/9/2023), acara bertema Produk Lokal Semakin Terkenal itu diikuti sejumlah peserta pameran dari dalam hingga luar kota.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Berdasarkan pantauan Solopos.com, salah satu peserta pameran yakni usaha perhiasan permata dan mutiara dari Jakarta bernama Kerajinan Permata Nusantara.

“Kami memang sebagai pengrajin senang melanglang buana, sehingga memasarkan ke berbagai daerah ini sudah termasuk hobi kami,” ujar Feni saat ditemui media, Sabtu (2/9/2023).

Feni mengatakan, melalui acara tersebut penjualannya mencapai 20-25 produk per hari.

Sayangnya, Feni menilai masa expo terlalu pendek sehingga tidak sebanding dengan biaya akomodasi perjalanan dan menginap dari Jakarta ke Solo untuk memasarkan produknya.

Keunikan produk perhiasan permata dan mutiara milik Permata Nusantara membuat pengunjung ramai mencoba produk-produk mereka.

Usaha Feni ini sudah berjalan selama kurang lebih 20 tahun. Selain mutiara dari Lombok, Feni juga membuat kerajinannya dari batu-batu Kalimantan yang eksotis.

Salah satu pengunjung, Yanti, mengatakan semakin antusias mendatangi mal jika banyak menggelar pameran dan event sejenis.

“Awalnya hanya mau jalan-jalan biasa, trus baru tahu ada expo dan karena saya suka pernak-pernik mutiara dan sejenisnya, saya jadi suka ke stand Permata Nusantara,” ujar Yanti.

Dia memilih stand untuk dikunjungi berdasarkan keunikan masing-masing. Menurutnya, stand kerajinan permata dan mutiara belum banyak ada di Solo.

Kunjungan masyarakat ke mal Solo Square dan acara Solo Leading Industry Expo pada Sabtu siang terpantau ramai. Pameran ini semakin menarik dengan beberapa agenda pendukung seperti workshop, fashion show, dance K-Pop, hingga festival jajanan jadul.

Sebelumnya pameran serupa juga digelar di Atrium Solo Square pada Oktober 2022 lalu dengan tema Industri Kecil dan Menengah Bangkit, Pulihkan Kembali Ekonomi Indonesia.

Sejumlah pengunjung terlihat berbelanja kebutuhan harian di mal atau mampir ke stand makanan dan minuman di Solo Leading Industry Expo.

Namun, stand kerajinan yang menarik minat masyarakat hanya sedikit. Antrean pengunjung cukup ramai ditemui di beberapa kerajinan unik, salah satunya Permata Nusantara.

Stand makanan dan minuman yang ramai antara lain stand dimsum, tahu gejrot, manisan mangga, serta produk salad buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya