SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi di Hannover Messe 2023 di Jerman. (Istimewa/Setkab).

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Paviliun Indonesia yang didesain mengikuti bentuk kapal tradisional Indonesia, Kapal Pinisi, di Hannover Messe 2023, Jerman, Senin (17/4/2023).

“Kami ingin menghadirkan semangat Indonesia dalam mengarungi tantangan masa depan,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/4/2023). Kapal Pinisi ini, sambung Jokowi, memiliki kompas yang dinamakan ‘Peta Jalan Making Indonesia 4.0 sebagai navigator transformasi industri di Indonesia.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Saya mengajak bapak/ibu ke paviliun ini untuk melihat Indonesia sebagai land of oportunity dan sebagai hub manufaktur masa depan,” katanya. Lebih lanjut, Kepala Negara menjelaskan bahwa Kapal Pinisi ini memiliki dua tiang layar utama dan tujuh layar.

Dua tiang layar utama, jelas Jokowi, mencerminkan pondasi transformasi Indonesia yaitu hilirisasi industri dan percepatan transisi energi bersih. Sementara itu, simbol tujuh layar mencerminkan sektor prioritas yang dipromosikan yaitu makanan, tekstil, otomotif, elektronik, kimia, alat kesehatan, dan farmasi.

Menurut Jokowi, percepatan transformasi industri indonesia akan berkontribusi bagi bangkitnya ekonomi kawasan dan ekonomi global. “Maka dengan spirit of ‘Infinite Journey’ lets sail together and accelerate industrial transformation for better world. Because, invest in Indonesia means invest a brighter world,” pungkas Jokowi.

Sementara itu, sebanyak 1.527.823 pengunjung telah mendatangi Paviliun Indonesia yang diseleggarakan Dubai Expo 2020 yang berlangsung sejak 1 Oktober 2021. Kantor Berita Antra melaporkan Konsul Jenderal RI di Dubai, Kartika Candra Negara, mengatakan angka tersebut merupakan 8 hingga 9 persen dari jumlah total hampir 17 juta pengunjung Expo Dubai 2020, yang menampilkan paviliun dari ratusan negara di dunia.

“(Paviliun) Indonesia merupakan salah satu paviliun mandiri yang menarik minat dari banyak pengunjung Expo, angka yang hampir 9 persen ini cukup besar,” kata Candra pada kesempatan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya