SOLOPOS.COM - Salah satu kuliner di Pasar Gede. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Salah satu pasar tradisional di Kota Solo yang memiliki banyak pilihan atau referensi kuliner yakni Pasar Gede Solo. Banyak kuliner di Pasar Gede Solo yang dijajakan dengan harga terjangkau.

Sebelumnya, pada Sabtu (29/4/2023) lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyempatkan diri berkunjung ke Pasar Gede di sela-sela menghadiri acara Solo Menari 2023.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Ia menyebut keunikan bangunan pasar yang berusia puluhan tahun itu menambah nilai jual pasar tradisional di Kota Solo.

Sensasi jalan-jalan menyusuri lapak-lapak pedagang serta memilih beragam produk yang dibanderol dengan harga murah meriah menurut Sandiaga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Pasar tradisional bisa menjadi destinasi wisata jalan-jalan. Sangat unik dan menarik,” ujar dia kala itu.

Selama ini, Pasar Gede menjadi spot favorit warga Solo dan sekitarnya untuk mencicipi beragam kuliner legendaris yang mampu menggoyang lidah.

Berdasarkan laman resmi Pemkot Solo, surakarta.go.id yang diakses Solopos.com pada Jumat (5/5/2023), Pasar Gede Solo yang terletak di Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, pada mulanya menjadi tempat perekonomian utama di Kota Solo.

Setelah itu, Pasar Gede Solo mulai berkembang jadi wisata kuliner yang digandrungi anak-anak muda. Banyak penjual yang menjajakan makanan tradisional khas Kota Solo hingga saat ini.

Berikut rekomendasi kuliner yang patut coba di Pasar Gede yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber :

1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es dawet telasih ini memadukan santan kelapa yang gurih dan gula merah yang manis untuk sajian santap siang. Daya tarik dari minuman ini adalah penambahan telasih.

Satu porsi es dawet ini bisa dibeli seharga Rp9.000 dengan isian tape ketan, gula putih, bubur sumsum, cendol, ketan hitam dan tentunya selasih.

2. Lenjongan dan Brambang Asem

Makanan ini terdiri atas berbagai macam jajanan pasar, antara lain ketan item, tiwul, cenil, jongkong, uli, getuk tiwul, gatot, sawut, ketan putih, dan klepon.

Harganya pun terjangkau, sekitar Rp5.000 per porsi. Di tempat yang sama juga tersedia brambang asem, yakni berupa daun ketela yang direbus dan disiram saus rasa asam manis kemudian disantap bersama tempe gembus bacem.

3. Nasi Liwet Bu Sri

Rekomendasi kuliner di Pasar Gede selanjutnya yakni Nasi Liwet Bu Sri. Nasi liwet merupakan salah satu makanan asli Kota Solo. Bahkan telah dinobatkan sebagai ikon kuliner Kota Solo pada Juli 2022 silam.

Lokasi Nasi Liwet Bu Sri berada di deretan lapak penjual buah, dan menempati posisi paling sudut. Berdiri sejak 1978, Nasi Liwet Bu Sri menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba.

Satu porsi nasi liwet Bu Sri ini berisi telur ayam rebus setengah butir, sayur labu siam, ayam suwir, dan areh dengan harga Rp12.000.

Nasi Liwet Bu Sri buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul 06.30 WIB sampai 10.00 WIB.

Pada Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat, bertempat di lantai bawah atau utara kios buah yang kemudian pada pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB pindah ke kios lantai II lebih tepatnya di ruang tengah dekat aula.

Jika Sabtu dan Minggu, Nasi Liwet Bu Sri buka di lantai II Pasar Gede sejak pagi.

4. Tahok

Tahok merupakan makanan Tionghoa yang dibawa ke Solo. Berbahan dasar kembang tahu, tahok disajikan bersama kuah air jahe yang manis.

Ketika dimakan, tekstur tahok yang lembut akan lumer di mulut. Bahkan, makanan ini menimbulkan efek hangat di badan, yang juga cocok dikonsumsi saat masuk angin.

5. Ayam Goreng Pak Ali

Makanan yang satu ini juga menjadi andalan oleh-oleh kuliner ketika menjelajah di Pasar Gede. Ada dua versi ayam goreng yang bisa dibawa pulang, yaitu goreng matang dan goreng setengah matang.

Menariknya ayam goreng ini dibungkus menggunakan daun pisang dan besek. Aroma dan rasa yang dihasilkan pun lebih autentik dan lezat.

6. TFP Kopi Warung

Salah satu kuliner ala western di Pasar Gede ini ada di TFP Kopi Warung. Menu yang disediakan juga beragam, semua menu ditulis pada papan tulis menggunakan bahasa Inggris.



Lokasi TFP Kopi Warung ini berada di Jl. Martadinata No. 10, Sudiroprajan, Kec, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

7. Mie Gajah Mas

Sebagai pencinta mi, di Pasar Gede Solo juga menyajikan kuliner mie. Kuliner ini berlokasi di Jl. Suryopranoto No. 1, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, atau lebih tepatnya di depan Pasar Gede.

Mie Gajah Mas ini menyediakan beragam menu mi ayam pangsit, pangsit kuah, bakso goreng, ceker ayam, bakso, kwe tiauw ayam, dan bihun ayam. Dengan harga terjangkau yakni mulai Rp12.000 hingga Rp27.000. Buka setiap hari mulai pukul 11.30 WIB hingga 18.00 WIB.

8. Uma Yum Cha Dimsum

Destinasi kuliner terakhir di Pasar Gede Solo yakni dimsum. Dimsum yang diracik menggunakan bumbu rahasia yang khas ini patut dicoba karena cukup populer dengan harga relatif murah.

Pengunjung juga dapat menikmati dimsum sambil melihat pemandangan Kota Solo dari lantai II pasar.

Uma Yum Cha Dimsum ini menyediakan dimsum pangsit dengan beragam variasi isian, dari kepiting, udang, wortel, jamur, daging asap, dan lobster.

Ada pula bakpao dan ceker kaki naga pedas. Harga yang ditawarkan kuliner di pasar Gede Solo ini juga terjangkau, mulai dari Rp15.000 per porsi yang berisi lima biji dimsum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya