SOLOPOS.COM - Kereta cepat Jakarta-Bandung. (Bisnis.com).

Solopos.com, SOLO —  Harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung diperkirakan mulai Rp150.000 hingga Rp350.000 sesuai dengan kelas penumpangnya.

Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC Allan Tandiono menjelaskan kelas penumpang akan dibagi menjadi tiga kelas yakni second class, first class, dan VIP.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Jadi terdapat different seats yang ada di Kereta Cepat dari second Class, first Class, sampai VIP. Kalau harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung second class sekitar Rp250.000 sampai Rp350.000. Kalau first class bicara Rp400.000. Kalau VIP mungkin Rp500.000 dan di atas,” jelasnya dalam webinar Potensi Bisnis di Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Selasa (25/10/2022).

Berdasarkan desain kereta cepat, rangkaian kereta akan terdiri atas tiga kelas tersebut dan ruang untuk makan (dining). Kelas atau tempat duduk VIP berkapasitas 18 orang, first class 28 orang, dan second class 555 orang.

Sementara itu, satu rangkaian kereta itu memiliki delapan gerbong kereta Electric Multiple Unit (EMU).

Allan menjelaskan nantinya kereta cepat juga menyediakan sejumlah layanan bundling yang meliputi layanan porter, makanan, interkonektivitas dengan moda lain, akomodasi, dan layanan shuttle.

Kereta Cepat Jakarta Bandung bakal terkoneksi LRT, KRL, dan MRT. Di sisi lain, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung nantinya bisa diatur berdasarkan waktu keberangkatan.

Misalnya, pada hari kerja (weekday), akhir pekan (weekend), peak hour, normal hour, dan peak season.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet mengatakan harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung juga bisa diatur berdasarkan jaraknya.

Dia mengatakan harga tiket bisa berkisar antara Rp150.000 untuk jarak terdekat sampai dengan Rp350.000 untuk jarak terjauh.

“Kalau sesuai studi itu Rp350.000 itu terjauh, dan terdekat Rp150.000,” kata Dwiyana dikutip, Minggu (16/10/2022). Kendati sudah ada kisaran tarif berdasarkan studi, Dwiyana tidak menutup kemungkinan adanya diskon yang nantinya bisa diberlakukan.

Menurutnya, diferensiasi tarif bisa diterapkan pada waktu-waktu tertentu.

“Tapi menurut kami bisa melakukan diferensiasi tarif juga di mana saat peak [hour] kita reduce tarif dengan diskon dan lain-lain. Di sekitar jam 11 [pukul 11.00 WIB] bisa kita kasih diskon serta di hari-hari sepi kan bisa kita kurangi,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dijual Mulai dari Rp250.000, Murah atau Mahal ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya