SOLOPOS.COM - Ilustrasi(JIBI/Harian Jogja/marketing.c0.id)

Solopos.com, SUKOHARJO – Strategi marketing bisnis terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Tentunya hal itu terjadi agar bisa mengikuti perubahan pengetahuan, teknologi, dan perilaku konsumen. Namun meski era sudah berubah, ada sejumlah teknik pemasaran yang dianggap kuno atau jadul justru masih efektif digunakan hingga masa kini.

Dilansir dari detik.com pada, Kamis (19/8/2021), 10 anggota Forbes Agency Council mengungkapkan teknik pemasaran ‘old-school’ yang masih bisa digunakan oleh dunia bisnis saat ini. Apa saja? Yuk simak.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

1. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Melakukan pendekatan secara personal kepada pelanggan merupakan cara membangun hubungan bisnis yang baik dalam jangka panjang. Bahkan hal ini tidak bisa digantikan dengan berbagai teknologi yang ada saat ini.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi pelanggan lewat telepon karena hal ini masih bisa digunakan di tengah pilihan adanya notifikasi di aplikasi hingga email.

Lalu buatlah sesuatu acara yang menawarkan interaksi secara langsung kepada mereka. Baik lewat sebuah acara di TV dan diutamakan mengundang pelanggan secara langsung. Sebab interaksi di dunia nyata tetap masih bisa mengalahkan interaksi secara virtual.

Baca Juga: Warga Mlati Sleman Terima Uang Ganti Rugi Tol Jogja-Bawen, Nenek Ini Dapat Rp3 Miliar

2. Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Catatan Nielsen, 92% konsumen mempercayai rekomendasi dari orang lain, bahkan orang yang tidak mereka kenal. Sales yang cerdas akan menggunakan taktik pemasaran dengan influencer untuk meningkatkan pemasaran dari mulut ke mulut di dunia digital.

3. Promo dengan Logo yang Selalu Diingat

Branding dengan logo yang diingat pelanggan selalu berhasil bahkan sejak dulu. Ingat, jangan biarkan pelanggan pergi dari produk yang Anda jual tanpa ada sesuatu yang diingat. Makanya buatlah sesuatu yang bisa diingat pelanggan.

Baca Juga: Bank BJB Raih Peringkat Pertama Kategori Bank Go Public versi InfoBank

4. Diskon dan Promo Gratis

Jangan pernah meremehkan kekuatan promo, diskon hingga uji coba gratis dalam pemasaran suatu produk. Sebab cara ‘old-school’ ini masih selalu relevan, bahkan saat ini banyak digunakan perusahaan modern.

5. Menjangkau Blogger hingga Jurnalis

Menggandeng jurnalis hingga blogger merupakan cara lama yang masih bisa digunakan meski saat ini setiap perusahaan pasti memiliki akun untuk mempromosi produk atau jasa yang ditawarkan. Pengusaha bisa berkolaborasi dan membiarkan blogger hingga jurnalis me-review produk yang dijual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya