SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo Twitter. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Setelah diakuisisi Elon Musk senilai USD44 miliar atau setara Rp633 triliun (kurs Rp14.400), gaji karyawan Twitter juga menjadi sorotan warganet.

Namun, kabarnya untuk melunasi utang kepada bank-bank yang membiayai akuisisi Twitter-nya, Elon Musk akan menghemat uang dan mengembangkan fitur.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Mengutip idxchannel dari Reuters belum lama ini, Elon Musk pernah mengatakan bakal mengurangi gaji dewan direksi Twitter, yang katanya dapat menghasilkan penghematan biaya sekitar USD3 juta.

Padahal, kompensasi berbasis saham Twitter untuk 12 bulan yang berakhir 31 Desember 2021 adalah USD630 juta, meningkat 33% dari tahun 2020.

Dalam komitmennya kepada bank, bos Tesla juga menunjukkan margin kotor Twitter jauh lebih rendah daripada rekan-rekan Facebook dengan Meta Platform Inc dan Pinterest, dengan alasan bahwa ini menyisakan banyak ruang untuk beroperasi.

Baca Juga: Punya Harta Rp3.390 Triliun, Elon Musk Pilih Tinggal di Rumah Sederhana

Bloomberg News melaporkan, sebelum mengakuisisi Twitter, Musk secara khusus menyebutkan PHK terkait dengan promosinya di bank. Namun belum ada penjelasan secara rinci tentang hal itu.

Lantas berapa sebenarnya gaji para karyawan Twitter?

Menurut laporan keuangan Twitter, seperti dilansir cnbc, anggota dewan komisaris Twitter mendapatkan kompensasi sekitar US$300.000 atau Rp4,35 miliar.

Sebetulnya, kompensasi tersebut sebanding dengan perusahaan teknologi lain. Anggota dewan komisaris Alphabet, perusahaan induk Google, mendapatkan US$400.000 (Rp5,8 miliar) hingga US$500.000 (Rp7,2 miliar) setiap tahun.

Baca Juga: Wow, Elon Musk Kantongi Rp102,48 Triliun Akuisisi Twitter

Sementara itu, menurut platform perbandingan gaji Glassdoor, gaji karyawan Twitter paling rendah adalah sekitar US$54.000 atau Rp785 juta per tahun untuk posisi asisten administrasi.

Gaji karyawan Twitter paling tinggi adalah US$299.000 atau sekitar Rp4,3 miliar, untuk posisi software engineer senior.

Gaji karyawan Twitter di posisi eksekutif, termasuk chief financial officer (CFO) dan chief legal officer, berkisar antara US$16 juta dan US$19 juta. Adapun, CEO Twitter Parag Agrawal tahun lalu meraih US$30 juta.

Bagaimana dengan kekayaan Elon Musk sendiri? Menurut Forbes, kekayaan Musk per 10 Mei 2022, mencapai US$237,1 miliar. Hanya dalam sehari, Elon Musk bisa mengumpulkan US$8 miliar dengan menjual sebagian saham Tesla miliknya untuk mendanai ambisinya mengambil alih Twitter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya