SOLOPOS.COM - Degree Crypto Token

Solopos.com, SOLO — Teknologi blockchain dan cryptocurrency telah mengalami perkembangan pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Di tengah ketertarikan masyarakat terhadap investasi digital ini, literasi tentang cryptocurrency menjadi faktor penting.

Pemahaman Dasar tentang Aset Kripto

Cryptocurrency atau aset kripto adalah bentuk mata uang yang berbasis teknologi blockchain. Blockchain adalah teknologi yang mengamankan transaksi dan mencatatnya dalam buku besar terdesentralisasi.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Bitcoin yang diciptakan oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, adalah salah satu contoh cryptocurrency pertama dan paling terkenal.

Literasi tentang aset kripto mengacu pada pemahaman dasar tentang konsep ini, cara kerjanya, dan potensi risiko serta manfaatnya. Semakin banyak orang yang memahami Cryptocurrency atau aset kripto semakin besar peluang untuk berpartisipasi dengan bijak dalam pasar ini.

Perkembangan Aset Kripto di Indonesia

1. Pertumbuhan Penggunaan Cryptocurrency

Indonesia telah menjadi salah satu pasar terpenting dalam industri cryptocurrency di Asia Tenggara. Selama beberapa tahun terakhir, jumlah pengguna cryptocurrency di Indonesia telah meningkat secara signifikan.

Banyak orang mulai melirik cryptocurrency sebagai alternatif investasi yang menjanjikan. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan jumlah pelanggan aset kripto terdaftar sampai dengan Agustus 2023 mencapai 17,78 juta orang.

Investasi kripto di Indonesia pernah mencapai puncaknya pada 2021, saat Covid-19 masih menjadi momok ekonomi dan industri secara keseluruhan.

Pada tahun 2021, nilai transaksi kripto mencapai Rp859,4 triliun, melesat 1.224 persen dibandingkan transaksi kripto pada 2020 senilai Rp64,9 triliun. Pada tahun 2022, nilai transaksi aset kripto di Indonesia anjlok menjadi Rp306,4 triliun.

Sedangkan nilai transaksi aset kripto periode Januari–Agustus 2023 di Indonesia hanya mencapai Rp86,45 triliun atau anjlok 65,32 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp249,3 triliun.

2. Peran Regulasi

Pemerintah Indonesia telah berusaha untuk mengatur penggunaan cryptocurrency. Pada tahun 2019, Bank Indonesia, otoritas moneter negara, mengeluarkan peraturan yang membatasi penggunaan cryptocurrency atau aset kripto dalam sistem pembayaran.

Namun, pada saat yang sama, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengeluarkan regulasi yang mengizinkan perdagangan berjangka Bitcoin. Adapun Peraturan Aset Kripto terbaru pada tahun 2023 adalah UU PPSK yang salah satunya mengatur tentang peralihan fungsi pengawasan Aset Kripto dari Bappebti, Kemendag ke OJK, Kemenkeu.

Tujuan pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan peraturan dalam aset kripto, tidak lain adalah untuk melindungi konsumen sekaligus memajukan Industri Aset Kripto itu sendiri yang tetap dalam kerangka memperjuangkan Kepentingan Nasional Indonesia.

Hal ini juga yang menunjukkan upaya pemerintah dalam menciptakan kerangka Kerja yang seimbang bagi perkembangan aset kripto di Indonesia..

3. Peran Industri

Industri blockchain dan cryptocurrency atau Aset Kripto di Indonesia juga terus berkembang. Banyak perusahaan lokal telah berinvestasi dalam teknologi blockchain dan menyediakan layanan terkait aset kripto seperti pertukaran dan dompet digital,media,developer,asosiasi Ini menciptakan peluang kerja baru dan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

4. Peningkatan Kesadaran Publik

Kesadaran publik tentang aset kripto semakin meningkat. Berbagai seminar, konferensi, dan program edukasi telah diadakan untuk meningkatkan literasi masyarakat. Ini membantu individu memahami risiko dan manfaat yang terkait dengan investasi aset kripto.

Tantangan dalam Pengembangan Literasi Cryptocurrency

Meskipun ada kemajuan positif dalam literasi aset kripto di Indonesia, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Keamanan: Penipuan dan serangan siber terkait cryptocurrency atau aset kripto masih menjadi ancaman. Meningkatkan literasi tentang langkah-langkah keamanan adalah penting.
  2. Regulasi yang lengkap: Perlunya regulasi yang jelas dan lengkap untuk menghindari ketidakpastian dalam industri aset kripto.
  3. Penyedia edukasi yang terpercaya: Dibutuhkan penyedia edukasi yang terpercaya untuk membantu masyarakat memahami cryptocurrency atau aset kripto dengan baik.

Sebagai sebuah aset Kripto asal Indonesia, Degree Crypto Token (DCT) juga turut adil dalam membangun kemajuan kripto di indonesia dalam hal literasi aset kripto ke masyarakan dengan membuka Business Center Pertama di Solo Technopark untuk Akses Edukasi Dunia Kripto Generasi Muda.

Peresmian Business Center DCT di Solo Technopark. (Istimewa)

Acara peresmian Business Center DCT di Solo Technopark yang diadakan pada Rabu, 5 Juli 2023 ini dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Olvy Adrianita S.E selaku Sekretaris Bappebti dan juga para pejabat daerah Solo serta ratusan stakeholder Degree Kripto Token.

Peresmian ini diharapkan akan memberikan dorongan positif bagi generasi muda Indonesia dalam mengeksplorasi potensi di dunia aset kripto dan teknologi blockchain.

Degree Crypto Token Juga berperan aktif dalam mendukung program acara pemerintah dalam mendukung literasi kripto di Indonesia ini salah satunya mengikuti acara Bulan Literasi Kripto, pada Februari 2023. Degree Crypto Token akan ikut adil memberikan edukasi dan literasi kripto.

Dalam bulan September 2023, Degree Crypto Token juga aktif membuat acara literasi di berbagai kota Indonesia.

Degree Crypto Token
Degree Crypto Token

Salah satunya pada 30 September 2023 akan diadakan Degree Academy Class di Bisnis Center Degree Crypto Token Solo Tecnopark. Acara ini akan dihadiri langsung oleh Bisnis Konsultan dari PT Konakami Digital Indonesia untuk memberikan edukasi dan literasi tentang aset kripto termasuk juga menjelaskan apa itu Degree Crypto Token secara gratis untuk masyarakat umum khususnya di kota Solo dan sekittarnya.

Untuk pendaftarannya masyarakat bisa datang langsung atau hubungi kontak person: +62 822-1016-2660 (Business Center DCT di Solo Technopark).

Degree Crypto Token berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan terbaik dan inovasi di industri aset kripto. DCT juga akan berupaya meningkatkan keunggulan produk dan memberikan kepuasan bagi para pengguna.



Degree Crypto Token telah diresmikan sebagai aset kripto yang legal dan dapat diperdagangkan sesuai dengan ketentuan BappebtiNnomor 11 tahun 2022 dan juga di aturan terbaru Bappebti Nomor 4 tahun 2023.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi cryptocurrency di Indonesia telah menunjukkan potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi dan peluang investasi.

Namun, literasi tentang cryptocurrency adalah kunci untuk berpartisipasi dengan bijak dalam pasar ini. Dengan upaya dari pemerintah, industri, dan masyarakat, Indonesia dapat terus berkembang sebagai salah satu pemain utama dalam dunia cryptocurrency.

Masyarakat harus terus memperdalam pemahaman mereka tentang teknologi kripto, sehingga dapat mengambil manfaat sekaligus melindungi diri dari risiko yang mungkin timbul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya