SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung pengeluran rumah tangga. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Menyambut Hari Keuangan Nasional pada 30 Oktober 2023, Tokopedia membagikan tips atau cara mengelola keuangan bagi masyarakat yang baru berumah tangga.

Badan Pusat Stastitik (BPS) mencatat adanya peningkatan pengeluaran per kapita per bulan penduduk dalam setahun terakhir. Sementara itu produk rumah tangga paling diburu di marketplace. Berdasarkan data ini, perlu beberapa cara bagi pasangan baru untuk mengelola keuangan dalam berumah tangga.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam siaran pers yag diterima Solopos.com, pada Jumat (27/10/2023). Mengacu pada laporan BPS berjudul Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia 2022 yang dirilis Juni 2023. BPS mencatat bahwa pengeluaran per kapita per bulan penduduk Indonesia pada September 2022 mencapai Rp1,39 juta.

Jumlah tersebut naik 8,7% dibandingkan pengeluaran per kapita per bulan pada September 2021 sebesar Rp1,28 juta. Sementara itu, berdasarkan data internal Tokopedia menunjukkan bahwa ada beberapa kategori produk paling diburu masyarakat sepanjang semester I 2023. Produk itu antara lain kebutuhan rumah tangga, fesyen, otomotif, olahraga dan hobi, serta kebutuhan sehari-hari atau groceries dengan lebih dari 1,8 miliar produk yang terdaftar di Tokopedia.

Tokopedia, sambung Rizky, menyambut Hari Keuangan Nasional pada 30 Oktober 2023 ini dengan membagikan cara mengelola keuangan bagi masyarakat yang baru berumah tangga. Menurut Rizky, pasangan baru harus menyatukan persepsi dengan berdiskusi serta melakukan pencatatan keuangan yang terperinci.

Rizky mengungkapkan berdiskusi dengan pasangan terkait perencanaan keuangan rumah tangga sangat penting demi menjaga ekspektasi bersama. Lebih lanjut, Rizky menguraikan pasangan baru perlu memahami gaya hidup masing-masing dan menghitung besaran pendapatan bulan dari kedua pihak. Ia menyebut perlu diketahui pula berapa pengeluaran rumah tangga, seperti tagihan listrik, air, belanja bulanan, dan tagihan lain yang harus dikeluarkan tiap bulan.

“Biasanya ketika ada banyak tagihan, kita kadang lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum. Implikasinya bahkan bisa kena denda ketika akhirnya lupa bayar tagihan. Untuk mengurangi risiko tersebut, masyarakat bisa pakai fitur Kelola Tagihan di Tokopedia untuk dapat membayar belasan macam tagihan dan top-up secara sekaligus, lewat satu halaman,” kata Rizky.

Selain itu, penting untuk mengukur prioritas kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok mencakup kebutuhan dasar, mulai dari makanan, tempat tinggal hinga transportasi. Rizky menerangkan pasangan baru harus membuat daftar kebutuhan pokok agar dapat terlihat anggaran dana yang harus dipersiapkan setiap bulan. Kemudian juga bisa membuat catatan berbagai pengeluaran agar jumlahnya sesuai dengan dana yang telah dianggarkan.

Misalnya, dengan berbelanja online bisa dengan membandingkan harga dan produk terlebih dahulu. Maka, pasangan baru bisa berbelanja online dengan ongkos kirim yang lebih hemat. Tips selanjutnya menurut Rizky adalah dengan memperhatikan pengeluaran musiman.

Pengeluaran musiman adalah pengeluaran yang bisa sewaktu-waktu terjadi atau hanya terjadi beberapa kali dalam jangka waktu tertentu. Beberapa contoh pengeluaran musiman termasuk biaya reparasi mobil, pajak tahunan, seperti pajak kendaraan bermotor dan pajak bumi dan bangunan (PBB), biaya liburan, dan lain-lain.

Menurut Rizky, sebaiknya masyarakat termasuk pasangan baru bisa mengatur pengeluaran musiman untuk mencegah pengeluaran mendadak saat waktunya tiba. Selain itu, pasangan baru juga sebaiknya menyiapkan dana tidak terduga lewat investasi jangka panjang. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur anggaran khusus untuk dana darurat agar lebih tenang. Misalnya, dengan menyisihkan dana dari setiap penghasilan dan simpan di rekening yang terpisah agar tidak tercampur dengan dana untuk keperluan lainnya.

“Simpanlah dana darurat dalam bentuk investasi, misalnya melalui Tokopedia Emas, karena emas masih menjadi salah satu pilihan investasi yang relatif aman untuk dijalankan dalam jangka panjang,” ungkap Rizky. Tips terakhir, adalah dengan memanfaatkan fitur yang bisa membuat belanja online makin hemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya